Senin, 03 Agustus 2020 |
News Room - Hukum

Oknum Guru SMPN 14 Kota Serang Dilaporkan Soal Dugaan Ujaran Kebencian

Senin, 14 Okt 2019 | 18:08 WIB Dibaca: 932 Pengunjung

Ilustrasi. [net]*

SERANG, [NEWSmedia] - Komunitas Kritis Indonesia (KKI) Provinsi Banten mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kota Serang terkait unggah oknum guru SMPN 14 Kota Serang yang diduga melakukan ujaran Kebencian di Facebook.

Bidang Hukum KKI Provinsi Banten, Hendrik mengatakan, oknum guru dengan inisial RH tersebut mengunggah status di Facebook dengan tulisan 'Teroris kok cuma bw pisau dapur, g sekalian bw bom panci, bom wajan,,," membuat dirinya geram.

Selain unggahan tersebut, Hendrik membawa screenshot postingan lainnya yang dilakukan oleh RH pada tanggal 26 September 2019 dengan tulisan 'Sejak doi berkuasa, banyak korban, banyak yg di bui, banyak yg meninggalmeninggal tp doi ttp tegar n mau nambah lagi.. ck ck ck'.

Hendrik juga membawa screenshot unggahan RH di Facebook dengan menampilkan foto Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi yang sedang bersepah dengan tulisan 'Di mn empati mu? Rakyatmu sdg sesak nafasnya, rakyatmu sdg di bantai di papua, rakyatmu/ mahasiswa sdg ditembaki n dipukul hingga retak tulang tengkoraknya, masih mu bermusik ria,, (dan seterusnya) pada tanggal 1 Oktober 2019.

screenshot unggahan facebok RH.*

“Kami mengadukan perihal dugaan ujaran kebencian di facebook yang diduga dilakukan oleh oknum guru SMP Negeri yang berinisial RH pada akun facebook-nya," kata Bidang Hukum KKI Provinsi Banten, Hendrik saat ditemui di kantor Dindik Kota Serang, Senin (14/10/2019).

Hendrik menjelaskan, pihaknya khawatir dengan postingan oknum guru tersebut berdampak pada anak didik RH.

“Postingan yang tidak patut dilakukan oleh sosok tenaga pendidik, apalagi dia diduga seorang Aparatur Sipil Negara, dan dapat berpengaruh buruk pada anak didiknya”. Ujarnya.

Selain melapor ke Dindik, lanjut Hendrik, pihaknya akan melaporkan ke pihak kepolisian terkait dugaan ujaran Kebencian tersebut, jika tidak ada tanggapan baik dari Dinas Pendidikan Kota Serang.

“Kami akan mengambil langkah hukum dengan melaporkan Oknum ASN yang diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial ke Polda Banten," jelasnya.

Sementara Ketua Komunitas Kritis Indonesia DPC Kota Serang, Lukman AF mengatakan, dirinya merasa prihatin dengan adanya oknum tenaga pendidik yang berpotensi buruk terhadap generasi bangsa.

“kami sangat prihatin dengan adanya kejadian ini, apalagi dilakukan oleh oknum guru, karena dapat berpengaruh buruk pada generasi bangsa khususnya siswa dan siswi yang di ajarnya," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Oknum Guru SMPN 14 Kota Serang Dilaporkan Soal Dugaan Ujaran Kebencian

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top