• Sabtu, 25 Juni 2022

Tempat-Tempat yang Pernah Disinggahi Nabi Muhammad SAW

- Senin, 12 Desember 2016 | 17:03 WIB
gua hira.*
gua hira.*

[NEWSmedia] - Sejarah Agama Islam yang panjang meninggalkan tempat bersejarah yang masih dapat dilihat sampai saat ini.
Tempat bersejarah tersebut sangat penting artinya bagi umat Islam karena punya nilai historis yang tinggi. Berikut tempat- tempat bersejarah Islam yang pernah disinggahi bahkan dibangun Nabi Muhammad SAW di Dunia seperti dilansir dari video ala Muslim Pedia.

1. Masjidil Haram
Masjidil Haram yang terletak di kota Makkah menjadi yang tertua di dunia. Masjid ini selalu ramai dikunjungi umat Islam untuk beribadah salat, umrah, haji, dan belajar ilmu agama.

Masjid ini memiliki 7 menara dan 19 pintu gerbang yang masing-masing memiliki nama tersendiri, Bab Al- Salam yang berarti pintu Salam tempat orang yang pertama memasukinya akan melakukan tawaf, dan Bab As-Safa atau pintu Safa pintu keluar menuju Bukit Safa untuk melakukan sai.

Dalam Masjidil Haram terdapat Ka'bah makam Nabi Ibrahim AS, Hajar Aswat atau batu hitam dan sumur Zam-Zam.

2. Masjid Al Aqsa
Masjid tertua kedua di dunia setelah Masjidil Haram. Masjid Al Aqsa terletak di sebuah kompleks kota Yerusalem, Palestina.

Masjid Aqsa disebut dalam Alquran karena berkaitan dengan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW melakukan Isra atau perjalanan malam hari dari Masjidil Haram ke Masjid Al Aqsa, sebelum Miraj ke Sidratul Muntaha.

Masjid Al Aqsa wajib dikunjungi kaum Muslim sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. Dalam kompleks Masid Al Aqsa terdapat kubah Ash-Shakhrah atau masjid umat.

3. Masjid Al Nabawi
Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibangun Nabi Muhammad SAW setelah hijrah ke Madinah. Masjid Nabawi dibangun pada Rabiulawal, tepatnya 1 September 622 masehi.

Pada Masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaur Rasyidin atau empat orang khalifah besar, masjid ini difungsikan menjadi tempat ibadah, menuntut ilmu, dan merencanakan kegiatan kemasyarakatan.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini