• Selasa, 28 September 2021

Pesona Maluku Tenggara Barat

- Sabtu, 31 Desember 2016 | 17:07 WIB
Perahu Batu.*
Perahu Batu.*

[NEWSmedia] - Kabupaten Maluku Tenggara Barat, merupakan salah satu 9 kabupaten dan 2 kota Provinsi Maluku. Daerah ini merupakan daerah kepulauan yang terdiri atas pulau besar dan kecil dengan jumlah 85 pulau. 57 pulau diantaranya telah dihuni dan 28 pulau belum dihuni.

Bila berkesempatan melakukan pelesiran ke wilayah ini, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang bisa dijadikan referensi saat mengunjungi wilayah Maluku Tenggara Barat.

Kerajinan Patung Tumbur

Desa Tumbur, Kecamatan Wertamrian, Maluku Tenggara Barat dikenal dengan sebutan desa pengrajin. Jenis karya yang dihasilkan oleh desa ini adalah patung yang bertemakan era kehidupan nenek moyang suku Tanimbar. Patung yang dipahat berbahan dasar kayu Eboni atau yang lebih dikenal dengan kayu hitam ini dipahat dengan detail yang sungguh luar biasa.

Perahu Batu (Natar Sory Fampompar)

Sebuah peninggalan hasil mahakarya menjadi warisan leluhur sebagai situs sejarah dan budaya yang selalu mengandung nilai holistik, sakral dan historis yang bergaya pada zaman megalitikum terhadap penyusunan batu agar kokoh dan kuat oleh kondisi cuaca apapun. Gambaran kemegahan dari zaman batu inilah diwujudkan dalam bangunan perahu dan tangga batu yang terletak di desa Sangliat Dol, kecamatan Wertamrian, kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Monumen Kristus Raja

Monumen Kristus Raja, salah satu objek wisata rohani yang letaknya di bagian ujung Timur pulau Yamdena, tepatnya di lokasi Findwar, desa Olilit Timur. Monumen yang diresmikan pada tahun 2004 dan diberkati oleh Duta Vatikan untuk Indonesia Mgr. Ranjit Patabendigde. Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada Kristus Raja Alam Semesta. Biasanya dirayakan pada bulan November setiap tahun oleh umat Kristen Katolik disini.

Monumen Pembabtisan Pertama

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X