• Minggu, 19 September 2021

Surga Tersembunyi di Yogyakarta yang Mungkin Belum Pernah Anda Kunjungi

- Senin, 27 Februari 2017 | 17:00 WIB
Bukit Parang Endog.*
Bukit Parang Endog.*

[NEWSmedia] - KOTA Yogyakarta lebih indah dari yang Anda ketahui. Ada banyak sekali lokasi menarik, baik yang dijadikan sebagai objek wisata maupun yang belum tersentuh keindahannya. Jika berkesempatan mengunjungi Kota Pendidikan yang satu ini, jangan hanya mampir ke kawasan-kawasan yang mainstream saja.

Supaya lawatan Anda ke Yogyakarta lebih berkesan, coba singgah sejenak di 5 surga yang masih alami ini. 

1. Bukit Punthuk Setumbu
Sebelum menjadi lokasi pengambilan film AADC, tidak banyak orang tahu perihal bukit Punthuk Setumbu. Berlokasi di Desa Karangrejo, sekitar 4 km dari Candi Borobudur, bukit yang satu ini menjadi lokasi favorit para pengunjung untuk hunting momen matahari terbit. 

Dengan ketinggian sekitar 400 dpl, Anda bisa melihat hamparan pohon-pohon hijau dengan latar belakang lanskap Candi Borobudur dan Gunung Merapi yang megah. Puncaknya berada di gugusan Pegunungan Menoreh. 

Jika berminat mengunjungi Punthuk Setumbu, Anda sebaiknya memulai perjalanan saat dini hari atau sebelum subuh. Jalan yang harus dilalui berupa makadam dan tanah yang cukup terjal sehingga butuh stamina yang cukup kuat. Begitu sampai, Anda akan disuguhi pemandangan spektakuler saat sang matahari menembus kabut pagi. 

2. Bukit Parang Endog 
Jika Punthuk Setumbu terkenal sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit yang menakjubkan, bukit Parang Endog menjadi lokasi tersohor untuk mengabadikan momen saat matahari tenggelam. Berlokasi sekitar 1,5 Km dari pantai Parangtritis, Parang Endog juga kerap digunakan sebagai titik awal olahraga paralayang.

Untuk mengakses bukit Parang Endog, Anda hanya perlu berkendara sekitar 1 jam dari pusat kota Yogya. Sebelum menikmati indahnya senja di atas bukit, mungkin Anda ingin sejenak menyusuri pantai Parangtritis dan mendengar deburan ombak yang menenangkan hati.

3. Curug Indah Tegalrejo
Curug (air terjun) Indah Tegalrejo berada di kawasan Gunungkidul, Jogjakarta. Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadikan Curug Indah Tegalrejo masih sepi pengunjung. Namun di sinilah enaknya. Anda bisa menikmati surga alam seolah-olah milik sendiri.

Air terjun ini memiliki kontur yang bertingkat, hampir mirip dengan air terjun Tujuh Bidadari di Semarang. Dari setiap tingkatan bebatuan tersebut, terbentuk cekungan sedalam 2 sampai 3 meter yang bisa digunakan untuk berenang. Jika Anda cukup bernyali, coba saja terjun dari salah satu tebing. Tapi Anda harus berhati-hati karena permukaannya cukup licin.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X