• Jumat, 24 September 2021

Ini Manfaatnya Punya Hobi Naik Gunung

- Senin, 3 April 2017 | 17:05 WIB
Foto ilustrasi.*
Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Hobi mendaki gunung tidak hanya membantu menyegarkan pikiran atau hanya untuk bersenang-senang. Seringnya naik gunung tentunya juga bisa membantu melatih kekuatan fisik, layaknya atlet olahraga lainnya.

Apakah hanya kaki saja yang bisa dilatih dari kegiatan naik gunung? Tidak, tapi juga beberapa anggota fisik lainnya, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Punggung dan pundak
Jika Anda ke gunung untuk berkemah, pastinya Anda perlu membawa kebutuhan penting dalam keril atau daypack. Meski berat, ini bisa melatih kekuatan punggung dan pundak, selama beban yang dikenakan seimbang.

Supaya bagian tersebut kuat dan tidak cedera selama mendaki, melakukan latihan seperti back up dan angkat dumbell rutin direkomendasikan untuk melatih bagian tersebut.

Melatih pernafasan
Lelahnya bernapas saat menanjak secara tidak langsung melatih manajemen pernafasan. Apalagi ditambah dengan pembawaan beban di punggung selama mendaki dan perubahan tingkat oksigen di ketinggian.

Untuk memaksimalkan latihan pernapasan di gunung, latih juga dengan melalukan olahraga lain seperti latihan kardio, jogging, renang, atau senam.

Melatih kekuatan tangan
Beberapa medan pendakian seringkali membutuhkan keahlian memanjat dan merangkak yang memerlukan kekuatan tangan. Jika tipe jalur gunung seperti itu sering Anda datangi, ini akan otomatis melatih kekuatan tangan Anda. Maksimalkan kekuatan dengan push up rutin setiap hari. [okz]

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X