• Sabtu, 4 Desember 2021

Fastival Tanjung Lesung Jadi Kalender Pariwisata Nasional

- Jumat, 28 September 2018 | 13:50 WIB
Menpar Arief Yahya membuka Festival Tanjung Lesung di Desa Cikadu, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Jumat (28/9/2018).*
Menpar Arief Yahya membuka Festival Tanjung Lesung di Desa Cikadu, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Jumat (28/9/2018).*

PANDEGLANG, [NEWSmedia] - Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebutkan, Festival Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang telah ditetapkan menjadi kalender pariwisata Nasional.

Menurutnya, untuk menunjang pariwisata tersebut, setidaknya butuh rumus 3A, yakni atraksi, akses dan amenitas agar destinasi wisata di Banten bisa dikenal oleh dunia.

"Atraksinya harus kelas dunia, Badak bercula satu mungkin menjadikan Banten bisa lebih dikenal, pilih atraksi dari Banten yang tidak dikalahkan oleh daerah atau negara yang lain," kata Arief.

Ia menjelaskan, A yang ke dua adalah akses, seperti frekuensi penerbangan, infrastruktur bandara dan jalan menuju lokasi wisata.

“Akses yang bagus, cepat, mudah, dan murah sudah bisa dipastikan akan mendorong kemajuan destinasi wisata,”  jelasnya.

Ia menuturkan, A yang terakhir adalah amenitas. Hal ini menunjukkan kesuksesan sebuah destinasi. Seberapa lengkap sarana penunjang pariwisatanya, seperti hotel, resto, cafe, golf course, dan convention center.

“Ini dapat ikut menentukan seberapa ramai dan sukses destinasi ini diminati wisatawan,” pungkasnya. [ahi]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X