• Jumat, 17 September 2021

5 Tempat Wisata Alam Banyuwangi ini Serasa di Luar Negeri, Wajib Kunjungi

- Jumat, 19 Oktober 2018 | 17:46 WIB
Pulau Merah, seperti Baia Do Sancho di Brasil.*
Pulau Merah, seperti Baia Do Sancho di Brasil.*

[NEWSmedia] - Banyuwangi merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa. Kabupaten ini merupakan penghubung antara pulau Jawa dengan pulau Bali. Selain kaya akan tradisinya, wilayah dengan julukan The Sun Rise of Java ini juga memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah lainnya.

Bahkan beberapa tempat wisata alam di Banyuwangi terkenal hingga ke kancah internasional seperti, Kawah Ijen, Plengkung, dan Pulau Merah. S alah satu tempat wisata andalan Banyuwangi yakni Kawah Ijen memiliki pesona kawah dan gunung yang memiliki blue fire. Seperti yang kita ketahui, blue fire hanya ada dua di dunia yakni di Gunung Ijen Banyuwangi dan Islandia.

Baru-baru ini sektor pariwisata Banyuwangi kembali menorehkan prestasi internasional dengan menyabet penghargaan tertinggi bidang pariwisata tingkat Asia Tenggara, yaitu ASEAN Tourism Standard Award. Penghargaan ini diserahkan kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Abdullah Azwar Anas dalam ASEAN Tourism Forum di Thailand.

Dari sekian banyak tempat wisata di Banyuwangi, ternyata ada beberapa tempat yang mirip dengan tempat wisata di luar negeri lho. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. De Djawatan, hutan ala Alice In Wonderland
Bagi kamu pecinta film Alice In Wonderland atau film The Lord of The Rings, tentu tahu dong hutan magis dengan pohon-pohon besar yang memiliki bentuk unik di kedua film tersebut. Kini kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ke Selandia Baru untuk merasakan sensasi seakan berada di film The Lord of The Rings. Kamu hanya tinggal mengunjungi Hutan Jawatan di Desa Benculuk, Kabupaten Banyuwangi.

Jawatan merupakan hutan wisata dengan pohon-pohon raksasa setinggi lebih dari 10 meter, sehingga terkesan seperti pohon raksasa yang dapat bergerak kapan saja. Hutan milik Perhutani di Banyuwangi ini termasuk dalam kategori hutan kecil, karena hanya memiliki luas sekitar 3,8 hektar.

Tempat wisata alam di Banyuwangi ini, memiliki pohon Trembesi yang menjadi spot favorit wisatawan karena bentuknya yang unik. Ditambah lagi di beberapa pohon trembesi di bangun sebuah rumah pohon dan ayunan, jadi kamu bisa menikmati hijaunya hutan Trembesi ini dari atas rumah pohon. Bagi kamu yang hobi selfie, Jawatan adalah obyek wisata yang sangat cocok di mana seolah-olah seperti di hutan Alice In Wonderland.

2. Pulau Merah, seperti Baia Do Sancho di Brasil

Pulau Merah awalnya memiliki nama Pantai Ringin Pitu. Menurut kabar yang beredar, tempat wisata alam satu ini berubah nama menjadi Pulau Merah karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter yang berada di tengah pantai. Pulau kecil yang berada di pantai Desa Sumberagung, Kabupaten Banyuwangi ini berhasil memikat wisatawan melalui bentuknya yang menyerupai pegunungan yang berada di tengah pantai.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X