Kamis, 15 April 2021 |
News Room - Peristiwa

Pegawai Non PNS Pemprov Banten Demo ke Kantor Gubernur

Jumat, 25 Agt 2017 | 11:13 WIB Dibaca: 1733 Pengunjung

Aksi unjuk rasa pegawai non PNS Pemprov Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Jumat (25/8/2017).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ratusan pegawai non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten, melakukan unjuk rasa ke kantor Gubernur Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Jumat (25/8/2017).

Dalam unjuk rasa tersebut, para pegawai non PNS menuntut soal upah yang didapat setiap bulannya. Mereka menagih janji Gubernur Banten Wahidin Halim yang akan menaikan gaji pegawai non PNS sesiai dengan UMK.

“Pak Gubernur janji menaikan upah non PNS,” kata Ketua Forum Pegawai Non PNS Provinsi Banten Rangga Husada di sela-sela aksi.

Rangga mengungkapkan, para pegawai non PNS kecewa, karena upah untuk tahun 2018 mendatang masih sama dengan tahun ini. Menurutnya, yang mengalami perubahan hanya honorer kategori 1 dan kategori 2.

Ia pun mengungkapkan gaji pegawai non PNS di Pemprov Banten saat ini. Untuk lulusan SD dan SMP mendapat gaji sebesar Rp700 ribu per bulan, SMA Rp900 ribu, D3 Rp950 ribu, S1 Rp1 juta, S2 Rp1,25 juta.

“Kita ketahui, batas kemiskinan yaitu penghasilan 3 dolar per hari, kalau dikali Rp15 ribu per dolarnya, berarti kita kategori miskin. Udah miskin tidak ada jaminan kesehatan, tidak ada jaminan kerja. Kemarin ada kawan kita di Dishub, tidak ada klaim dari pemerintah. Kita hanya ingin dimanusiakan,” tutur Rangga.

Rangga menegaskan, sebelum melakukan unjuk rasa, para pegawai non PNS sudah berupaya melakukan komunikasi dengan Gubernur Banten Wahidin Halim, Sekda Banten Ranta Soeharta,  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten, dan DPRD Provinsi Banten melalui surat.

Ke Gubernur Banten, lanjut dia, para pegawai sudah dua kali bersurat, Sekda dan BKD masing-masing satu kali, dan DPRD dua kali. Namun sampai sekarang belum direspons. “Kemarin non PNS didata, hasilnya apa, kami tidak tahu,” katanya.

Menurut Rangga, saat ini jumlah pegawai non PNS yang tidak masuk ke dalam kategori 1 dan kategori 2 ada sekitar 6.000 pegawai. Pegawai tersebut tersebar di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Banten, termasuk di unit-unit pelayanan seperti RSUD Banten dan UPT-UPT. [rbo/ard]

Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Pegawai Non PNS Pemprov Banten Demo ke Kantor Gubernur
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top