Rabu, 23 Juni 2021 |
News Room

Pemerintah Daerah Diminta Antisipasi Over Kapasitas RS

Jumat, 25 Des 2020 | 17:47 WIB Dibaca: 369 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah melakukan persiapan pendirian RS Darurat. Langkah ini untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pasien Covid-19.

Juru Bicara #SatgasCovid19 Wiku Adisasmito menjelaskan saat ini keterisian rumah sakit di berbagai saat ini sudah mencapai 80 persen. Pemda perlu melakukan langkah strategis untuk antisipasi penanganan pasien Covid-19.

"Untuk pemerintah daerah diminta segera melakukan koordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 pusat dan Kementerian Kesehatan, apabila kapasitas (keterisian) rumah sakit terus mengalami peningkatan. Sehingga dapat segera diambil langkah-langkah strategis seperti pendirian rumah sakit darurat," ujar Wiku saat memberi keterangan pers, Selasa (22/12).

Ia mengakui jumlah kasus aktif di Indonesia cukup mengkhawatirkan, yakni di atas 100 ribu kasus. Hal ini menandakan terjadinya peningkatan penularan Covid-19.

"Saya tekankan, jumlah kasus aktif yang sudah menembus di atas 100 ribu ini, harus menjadi alarm bagi kita semua. Para pimpinan di daerah segera evaluasi penangan Covid-19 di fasilitas kesehatan," imbuhnya.

Pemerintah daerah juga diminta memastikan perawatan pasien Covid-19 sesuai dengan standar. Langkah terbaik harus dilakukan untuk memastikan para pasien dapat segera sembuh dan semaksimal mungkin hindari jatuhnya korban jiwa. Apabila terdapat permasalahan, segera koordinasi pusat agar cepat dicarikan jalan keluarnya.

Sementara, bagi masyarakat protokol kesehatan harus tetap dilakukan dengan ketat untuk menghindari penularan. Protokol itu diantaranya#ingatpesanibu untuk #pakaimasker, #cucitangan pakai sabun, dan #jagajarak hindari kerumunan.

"Mulailah dari diri sendiri, dan sebarkan kepatuhan ini kepada orang-orang terdekat," tegas Wiku. [cnn]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pemerintah Daerah Diminta Antisipasi Over Kapasitas RS
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top