• Minggu, 19 September 2021

Dirjen Pemdes Kemendagri Ditempatkan Jadi Plt Gubernur Banten

- Rabu, 26 Oktober 2016 | 18:44 WIB
Mendagri Tjahjo Kumolo menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Plt Gubernur Banten di Jakarta, Rabu (26/10/2016). (Foto: Humas Kemendagri)
Mendagri Tjahjo Kumolo menyaksikan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Plt Gubernur Banten di Jakarta, Rabu (26/10/2016). (Foto: Humas Kemendagri)

JAKARTA, [NEWSmedia] - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menempatkan Nata Irawan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten, menggantikan Rano Karno yang cuti karena mencalonkan di Pilkada Banten 2017.

Proses serah terima jabatan Nata Irawan menjadi Plt Gubernur Banten dilakukan di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2016). Nata Irawan merupakan pejabat eselon I di Kemendagri yang memegang jabata sebagai Direktur Jenderal Pemerintahan Desa (Pemdes).

Sekretaris Jendral Kemendagri Yusmandi mengungkapkan, untuk Plt Gubernur Banten, Nata Irawan menggantikan Rano Karno selama cuti masa kampanye Pilkada Banten 2017. Pengangkatan Plt Gubernur Banten itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kementrian Dalam Negeri Nomor: 121.36-10013 Tahun 2016 tentang penunjukan Pelaksana Tugas Gubernur Banten yang di tandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Plt Gubernur punya tugas khusus untuk menyukseskan penyelenggaran Pilgub Banten yang aman, damai, dan menjaga netralitas ASN Pemprov Banten. Lalu, menyusun dan menandatangani Peraturan Daerah APBD, dan penataan organisasi perangkat," kata Yusmandi saat membacakan SK.

Menurut Yusmandi, Plt Gubernur Banten juga bisa mendandatangani APBD, serta melantik bahkan merubah jabatan baru di lingkungan Pemerintahan Provinsi Banten. Namun, semua itu dapat dilakukan jika sudah ada izin tertulis dari menteri dalam negeri.

“Dengan masa akhir jabatan Gubernur Banten yang hanya sampai 11 Januari, maka Plt akan diangkat Presiden menjadi penjabat (Pj) Gubernur sampai terplih dan dilantiknya gubernur definitif,” jelasnya.

Peresmian Nata Irawan sebagai Plt Gubernur Banten serta Serah Terima Nota Pengantar Tugas Pilkada Serentak 2017 dihadiri Sekda Banten Ranta Soeharta, Kapolda Banten Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, dan beberapa pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Banten. [ahi]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X