• Minggu, 26 September 2021

Ini Penyebab Server PPDB Online di Banten 'Down'

- Kamis, 8 Juni 2017 | 10:46 WIB
ilustrasi.*
ilustrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Provinsi Banten, melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Banten memberikan keterangan terkait hambatan pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten.

Kepala Bidang TIK Diskominfo, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Rosmawati menjelaskan, proses PPDB sebetulnya berada di bawah wewenang Disdikbud Banten, namun, pihaknya hanya membantu dan mengupayakan proses PPDB Online berjalan dengan baik.

"Karena ini kan pelayanan masyarakat, jadi mau tidak mau harus ada solusi, siang tadi kita sudah Kumpulkan tim IT Kominfo dan Dindik karena besok (hari ini-red) harus ready," kata Rosmawati saat ditemui diruangannya, Rabu (7/6/2017) malam.

Ia mengatakan, terkait adanya kendala pada proses PPDB Online, hal tersebut terjadi karena sistem yang disediakan oleh Dindikbud Banten tidak kapasitasnya kecil, sehingga pendaftar untuk mengakses ke aplikasi tersebut terhambat.

"Dari 191 ribu user, mengakses berbarengan, berebutan untuk mendaftar tapi aplikasi di Dindik tidak disiapkan, hanya 250 user perdetik. Jadi ketika 250 user log-in, maka yang 251 lainnya menunggu beres, bandwith nya tidak cukup, itu penyebabnya," terangnya.

Meski demikian, pihaknya telah berupaya melakukan perbaikan dengan melakukan pembagian server, ada yang perzona dan perrayon, disisi lain, pihaknya juga menambahkan database dengan membuat load balancing.

"Jadi tidak hanya satu server, tapi lima server yang sudah disipakan disini, termasuk server yang di Dindik," terangnya.

Selain itu, ia juga menilai, koordinasi dan komunikasi yang dilakukan oleh Dindikbud terhadap Diskominfo terkesan terlambat, sehingga pihaknya tidak bisa mengantisipasi dini hal tersebut.

"Mudah-mudahan, dengan kejadian ini, semua OPD bisa berkoordinasi lebih awal, supaya tidak ada masalah lahi, dalam hal ini Kominfo hanya mendukung semua OPD terkait dengan pelayanan IT," tegasnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X