• Sabtu, 4 Desember 2021

Tiru Tangsel, Pemkab Serang Terapkan Sistem E-Office

- Senin, 24 Juni 2019 | 17:01 WIB
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah setelah Sosialisasi Sisumaker di Aula Pemkab Serang, Senin (24/6/2019).*
Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah setelah Sosialisasi Sisumaker di Aula Pemkab Serang, Senin (24/6/2019).*

SERANG, [NEWSmedia] - Pemerintah Kabupaten Serang mensosialisasikan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker) kepada OPD di Lingkungan Pemkab Serang di Aula Tb. Suwandi, Pendopo Kabupaten Serang, Senin (24/6/2019).

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan,  penerapan Sisumaker di lingkungan Pemda Serang merupakan hasil dari kerja sama antara Pemkab Serang dengan Pemkot Tangsel yang telah menggunakan sistem tersebut.

"E-Office ini memudahkan surat menyurat di internal kami, kami sudah MoU dengan BSSN, jadi kita berhak menggunakan tandatangan digital ini dan yang sudah mengunakan sistem ini di Banten baru Tangsel," kata Tatu kepada awak media.

Tatu menerangkan, salah satu kelebihan dari sistem tersebut adalah bisa mempermudah disposisi surat masuk dan surat keluar ketika Kepala OPD atau jajarannya sedang berada di luar kantor.

"Posisi saya atau Dinas kan sering di luar kantor, menjadi persoalan ketika ada disposisi surat yang harus disegerakan, dengan e-office ini kita berharap semua kendala ini bisa hilang, seperti yang telah dilakukan di Tangsel. Dengan tandatangan digital, saya bisa tandatangan disposisi di perjalanan, di mobil, di Jakarta, kalau manual kan repot," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Serang, Anas mengatakan, saat ini pihaknya baru melakukan uji coba di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Serang.

"Ini kepala OPD nya dulu kita latih, mudah-mudahan bulan depan kita bisa semua dinas, hari ini baru Inspektorat, Bapenda, Dinas PU, Bapeda dan Setda," kata Anas.

Ia juga berharap, dengan uji coba itu, pihaknya bisa merealisasikan sistem tersebut pada Bulan Juli 2019 dan diharapkan bisa meminimalisir penggunaan kertas di Lingkungan Pemkab Serang.

"Ke depan kita ingin semua, mudah-mudahan bulan Juli kita selesai semua. Kedepan kita minimalkan kertas karena kita bermain elektronik, sehingga kedepan kita yang biasanya 5 rim, nanti bisa 1 rim hanya untuk ini saja," pungkasnya. [ahi]

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X