• Jumat, 24 September 2021

Ketua DPRD Kabupaten Serang Minta Pemprov Turun Tangan Soal Aset

- Minggu, 2 Februari 2020 | 17:05 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum di Gedung DPRD Provinsi Banten, Sabtu (1/2/2020).*
Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum di Gedung DPRD Provinsi Banten, Sabtu (1/2/2020).*

SERANG, [NEWSmedia] - Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum meminta kepada Pemerintah Provinsi Banten untuk memfasilitasi Kabupaten Serang dalam Pembangunan Puspemkab Serang.

Hal tersebut diungkapkan Ulum untuk mempercepat penyerahan aset dari Pemkab ke Pemkot Serang yang akhir-akhir ini menjadi polemik.

"Saya hanya melihat satu persoalan, yaitu Pemkab Serang belum sanggup membangun pusat pemerintahan secara keuangan daerah, oleh karenanya Pemprov Banten harus turun tangan untuk sesegera mungkin mengalokasikan anggaran untuk pembangunan puspemkab," kata Ulum setelah Diskusi soal Aset di Gedung DPRD Provinsi Banten, Sabtu (1/2/2020).

Ia menjelaskan, persoalan aset antara Kota dan Kabupaten Serang tidak seperti Kabupaten Serang dengan Kota Cilegon yang dahulu sempat menjadi Kota Administratif di Wilayah Banten.

"Kalau Cilegon prosesnya panjang, karena tidak langsung menjadi kota, tapi menjadi kota administratif dulu sehingga aset-aset yang dimiliki Pemkab Serang langsung menjadi milik Kota Cilegon, sehingga tidak ada aset yang jadi polemik," jelasnya.

Sementara Kabid Penatausahaan Aset DPKAD Kota Serang Sukanta mengatakan, 
pihaknya secara umum menyerahkan persoalan tersebut ke Pemkab Serang.

"Sebenarnya Kota Serang secara umum menerima penyerahan dari kabupaten, karena kuncinyaa ada di Kabupaten Serang, bukan masalah ngotot atau engga, ini kan sudah diatur oleh UU, maka semua harus dipatuhi," kata Sukanta.

Ia juga menegaskan, pihaknya lebih mementingkan mengurus persoalan dokumen tanah yang telah diberikan oleh Pemkab Serang ke Pemkot Serang dibanding aset yang lainnya.

"Kalau bicara urgen, lebih kepada kaitan dokumen tanah, 2020 ini target penyelesaian tanah, prioritas kita kepada pengurusan sertifikasi tanah yang paska dari Kabupaten Serang ke Kota Serang," pungkasnya. [ahi]

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X