• Rabu, 8 Desember 2021

Pimpinan DPR Terima Kunjungan SMSI, Bahas Pemberitaan Media Online

- Rabu, 10 Juni 2020 | 11:13 WIB
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kiri) saat menerima kunjungan pengurus SMSI di ruang kerjanya di Gedung DPR, Selasa (9/6/2020).*
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kiri) saat menerima kunjungan pengurus SMSI di ruang kerjanya di Gedung DPR, Selasa (9/6/2020).*

JAKARTA, [NEWSmedia] - Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin menerima kunjungan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (9/6/2020).

Pengurus SMSI yang dipimpin Firdaus selaku Ketua Umum, membawa serta jajaran pengurus. Pada kunjungan tersebut, SMSI menjelaskan visi misinya sebagai organisasi yang menaungi perusahaan media siber terbesar di Indonesia.

Jumlah anggota SMSI lebih dari 1.000 perusahaan pers di seluruh provinsi di Tanah Air. Meski demikian, setiap perusahaan pers memiliki kebijakan redaksi dan tata usaha yang berbeda-beda.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin membahas bagaimana untuk mempersatukan setiap perusahaan media. Terutama dalam hal perspektif pemberitaan, kata dia, tidak mudah.

“Masalahnya setiap perusahaan media, setiap wartawan dalam menulis berita punya perspektif masing-masing, punya sudut pandang yang berbeda-beda. Bagaimana ini menyatukannya. Ini sulit, harus ada langkah konsolidasi organisasi,” kata pimpinan DPR dari Fraksi Partai Golkar ini.

Aziz mengatakan, kalaupun tidak bisa menyamakan perspektif, paling tidak tone pemberitaan yang mestinya bisa disamakan. “Itu pun tone pemberitaan, akan mengalami gradasi yang berbeda-beda,” tutur  Aziz. 

Menurut Aziz, dalam penyatuan media-media online yang berbeda-beda, harus ada kepentingan yang saling memberi manfaat positif. “Saling memberi manfaat ini penting, sebab kalau tidak ada, mereka akan mengembangkan kepentingan perusahaan masing-masing,” katanya

Newsroom Bersama SMSI

Ketua Umum SMSI, Firdaus, menjelaskan 1.000 perusahaan media online yang menjadi anggota SMSI akan disatukan dalam newsroom bersama. Mereka akan saling memanfaatkan berita-berita di dalam newsroom. Tetapi mereka juga punya kewajiban untuk mengirim berita ke newsroom bersama.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X