Bekraf Dorong Generasi Muda di Banten Jalankan Usaha Ekonomi Kreatif

- Jumat, 25 November 2016 | 08:30 WIB
Para peserta ‘Workshop Bussines Plan For Next Generation’ yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia di Pesona Krakatau Cottage, Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (24/11/2016).*
Para peserta ‘Workshop Bussines Plan For Next Generation’ yang digelar Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia di Pesona Krakatau Cottage, Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (24/11/2016).*

SERANG [NEWSmedia] - Sektor usaha ekonomi kreatif  di Indonesia merupakan peluang yang sangat menjanjikan. Di bidang ekonomi kreatif, banyak usaha yang bisa dijalankan, di antaranya kerajinan, barang seni, fesyen, design hingga bisnis kuliner.

“Di sektor ekonomi kreatif itu sangat menjanjikan, Untuk itu, Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) secara aktif, terus mendukung kegiatan pengembangan industri kreatif, salah satunya melalui kegiatan-kegiatan pelatihan bisnis dan manajemen seperti ini,” kata Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf Indonesia, Poppy Savitri pada acara ‘Workshop Bussines Plan For Next Generation’ di Pesona Krakatau Cottage, Cinangka, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (24/11/2016).

Dalam acara ini, Bekraf yang bekerjasama dengan Global Enterpreneurship Program Indonesia (GEPI) dan Yayasan Cendekia Millenia, mengundang mahasiswa dan dosen di Banten.

Poppy Savitri sebagai pemateri mengatakan, sektor ekonomi kreatif yang sangat menjanjikan di Indonesia, memiliki banyak tantangan, seperti keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), baik secara kuantitas maupun kualitas.

Oleh karena itu, kata dia, perlu ada upaya untuk menumbuhkan minat kalangan generasi muda untuk menggerakan sektor-sektor usaha ekonomi kreatif. Seperti industri radio dan televisi, film dan video, periklanan, pasar barang seni, layanan komputer dan software, fesyen, permainan interaktif, arsitektur, seni pertunjukan, kuliner, musik, penertiban dan percetakan, riset dan pengembangan, desain serta kerajinan.

“Di sekitar kita ini sebetulnya banyak potensi yang dapat digali. Para generasi muda yang harus bisa menganalisa peluang usaha demi mewujudkan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Poppy pun berharap kepada generasi muda yang mengikuti ‘Workshop Bussines Plan For Next Generation’ ini dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan oleh para pemateri. [ifal]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini