• Jumat, 24 September 2021

Pesan Lengkap Jokowi ke Rektor Se-RI: Ajak Mahasiswa Belajar pada Siapa Pun

- Sabtu, 4 Juli 2020 | 22:03 WIB
Presiden Jokowi.*
Presiden Jokowi.*

[NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi virus Corona (COVID-19) memaksa masyarakat, termasuk sivitas akademika, mengubah caranya dalam belajar. Jokowi memberikan pesannya agar cita-cita Indonesia maju bisa tercapai lewat inovasi dalam belajar.

"Kuliah daring, yang selama ini sangat lamban dijalankan, sekarang sangat-sangat berkembang. Kuliah daring telah menjadi new normal, bahkan menjadi next normal, dan saya yakin akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif," ujar Jokowi, Sabtu (4/7/2020).

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka konferensi virtual Forum Rektor Indonesia yang disiarkan di saluran YouTube Sekretariat Presiden. Turut hadir para rektor se-Indonesia secara virtual dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Jokowi meyakini Forum Rektor Indonesia memiliki peran besar.

Dalam pidatonya, Jokowi mendorong Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi. Namun tentunya ini perlu cara yang tidak biasa-biasa saja.

"Kita harus berubah, kita harus mengembangkan cara-cara baru, mengembangkan strategi baru yang smart shortcut, yang out of the box," kata Jokowi.

Berikut ini isi pidato arahan lengkap Jokowi soal kenormalan baru di perguruan tinggi untuk mencapai cita-cita Indonesia:

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semuanya, namo buddhaya, salam kebajikan.

Yang saya hormati para menteri kabinet Indonesia Maju. Yang saya hormati DPR yang hadir. Yang saya hormati Forum Rektor 2019 Prof. Dr. Yos Johan Utama. Yang saya hormati Rektor ITB, Ketua Forum Rektor terpilih Indonesia 2020, Prof. Dr. Arif Satria. Yang saya hormati perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta dari seluruh Indonesia, yang saya hormati Gubernur Jawa Barat dan undangan yang berbahagia.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X