• Sabtu, 4 Desember 2021

Hasil Pantauan, Ombudsman Sebut PPDB Online di Banten Tahun 2021 Bermasalah

- Kamis, 24 Juni 2021 | 17:57 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Dedy Irsan. [Dok: NEWSmedia]*
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Banten, Dedy Irsan. [Dok: NEWSmedia]*

SERANG, [NEWSmedia] - Kepala Ombudsman Perwakilan Banten, Dedy Irsan mengatakan, pelaksanaan PPDB Online di Provinsi Banten tahun 2021 bermasalah.

Hal itu diketahui, kata Dedy, setelah Ombudsman Perwakilan Banten melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan PPDB Online Tahun Ajaran 2021-2022 tingkat SD, SMP, SMA/sederajat di wilayah Provinsi Banten.

Dari hasil pemantauan dan pengawasan (baik melalui penerimaan informasi, pengaduan masyarakat, maupun obervasi, dan pemeriksaan langsung di lapangan), Ombudsman Banten memperoleh beberapa temuan.

Di antaranya, website PPDB online untuk tingkat SMA yang dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten bermasalah.

"Dampaknya, sistem ppdb online tidak bisa diakses oleh masyarakat maupun sekolah," kata Dedy melalui keterangan tertulisnya, Kamis (24/6/2021).

Kendala selanjutnya, kata dedy, yakni adanya permasalahan pada sistem online yang terjadi sejak hari pertama hingga hari keempat atau hari terakhir (21-24 Juni 2021).

"Upaya perbaikan yang dilakukan sejak hari pertama masih belum dapat mengatasi permasalahan yang dikeluhkan pendaftar dan tidak membuat sistem berjalan dengan stabil," ujarnya.

Dedy menjelaskan, akibat kendala pada pendaftaran online dan kesimpangsiuran informasi, masyarakat mendatangi sekolah hingga dinas terkait untuk memperoleh penjelasan maupun melakukan pendaftaran secara offline.

"Walaupun pendaftaran offline memang dimungkinkan sejak awal bagi yang memiliki keterbatasan mendaftar secara online, namun kendala pada sistem online membuat kerumunan meningkat, akibatnya sekolah pun kesulitan mengantisipasi dan memberlakukan prokes," jelasnya.

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X