Kamis, 14 November 2019 |
Ekonomi

Perekonomian Dunia Bergejolak, Jokowi: Kita Harus Mampu Bertahan

Rabu, 06 Nov 2019 | 18:36 WIB Dibaca: 301 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan rapat koordinasi nasional pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun 2019 di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Jokowi mengingatkan bahwa saat ini perekonomian dunia tengah bergejolak. Banyak negara di dunia tengah menghadapi potensi resesi perekonomian di negaranya.

"Ada yang menuju kepada resesi karena ada trade war, brexit, keguncangan geopolik, geoekonomi di Amerika Selatan. Kita harus mampu bertahan dan oleh sebab itu harus mampu menurunkan defisit neraca perdagangan kita, defisit transaski berjalan kita dengan meningkatkan produsk substitusi impor , barang ekspor dan menciptakan lapangan pekerjaan," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, peran swasta sangat dominan dalam menumbuhkan perekonomian nasional. Namun, APBN juga harus mampu memacu pertumbuhan ekonomi di daerah.

"APBD akan memacu perputaran uang di daerah dan pertumbuhan ekonomi di daerah dalam 5 tahun ke depan belanja akan kita fokuskan ke infrastruktur. Infrakstruk berlanjut jadi prioritas tapi paling utama kita ingin di wilayah pembangunan sumber daya manusia (SDM)," paparnya.

Kepala Negara menerangkan, pembangunan SDM unggul Indonesia akan mulai difokuskan dalam APBN 2020. Sebab itu, pemerintah akan menggenlontorkan Rp423 triliun untuk belanja infrastruktur, kemudian Rp508 triliun untuk pendidikan, dan Rpgmn132 triliun untuk kesehatan.

"Ini adalah duit semua, duit semua, hati-hati dengan angka-angka sebesar ini, belum lainnya, dengan anggaran sebesar ini tantanganny adalah alokasi yang efektif, alokasi harus efektif walau kebijakan alokasi anggaran dalam kewenangan kementerian dan lembaga namun LKPP dapat proaktif mempercepant belanja anggaran agar mempercepat pertumbuhan jangan gunakan cara-cara yang lalu," tandasnya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Perekonomian Dunia Bergejolak, Jokowi: Kita Harus Mampu Bertahan

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top