• Kamis, 2 Desember 2021

Buruh Duduki Pintu Masuk Kawasan Industri Krakatau Steel

- Kamis, 15 Desember 2016 | 18:10 WIB
Massa buruh memblokade pintu masuk kawasan industri Krakatau Steel, Kamis (15/12/2016). Arus lalu lintas di jalan Raya Cilegon-Merak terhambat.*
Massa buruh memblokade pintu masuk kawasan industri Krakatau Steel, Kamis (15/12/2016). Arus lalu lintas di jalan Raya Cilegon-Merak terhambat.*

CILEGON, [NEWSmedia] - Massa buruh yang berasal dari berbagai serikat buruh se-Provinsi Banten, melakukan aksi unjuk rasa di pintu masuk kawasan industri Krakatau Steel Kota Cilegon, Kamis (15/12/2016). Mereka menuntut revisi UMK 2017 yang telah ditetapkan akhir November lalu.

Dalam aksi ini, para buruh memblokade pintu masuk kawasan Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) yang berada di dekat pintu tol Cilegon Barat dan jalan Raya Merak-Cilegon. Aksi ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian.

Nana Surana, selaku koordinator aksi mengatakan, buruh meminta pemerintah merevisi besaran UMK 2017 yang dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan hidup layak buruh. Selain itu, mereka menuntut pemerintah mencabut PP 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

Menurutnya, kenaikan UMK yang sesuai adalah minimal 31 persen dari besaran UMK tahun sebelumnya. Sementara UMK yang ditetapkan untuk 2017 hanya naik antara 18 sampai 20 persen.

“Itu menurut survey yang didasarkan atas kebutuhan buruh, keluarga buruh dan masyarakat. Maka untuk bisa dalam garis minimal memenuhi kebutuhan layak, upah tahun depan harus ditetapkan menjadi 31 persen,” ujarnya.

-

Nana juga mengungkapkan, lahirnya PP 78 tahun 2015 tidak mampu menjawab kebutuhan hidup buruh. Para buruh pun mengancam akan melakukan mogok massal jika Pemerintah Provinsi Banten, dalam hal ini Plt Gubernur Banten, Nata Irawan tidak memenuhi tuntutan buruh.

Hingga pukul 17.00 WIB, massa buruh masih memblokade jalan raya, dan mengancam akan tetap bertahan sampai tuntutan mereka dipenuhi atau ditemui Plt Gubernur Banten Nata Irawan. [firman]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X