• Minggu, 26 September 2021

Ular Sanca Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Pendopo Lama Gubernur Banten

- Kamis, 27 Juni 2019 | 13:40 WIB
Penemuan ular sanca di Pendopo Lama Gubernur Banten, Kamis (27/6/2019). *
Penemuan ular sanca di Pendopo Lama Gubernur Banten, Kamis (27/6/2019). *

SERANG, [NEWSmedia] - Ular Piton jenis sanca kembang sepanjang 4 meter ditemukan di belakang Eks Kantor Gubernur Banten yang sekarang menjadi Museum Negeri Banten.

Penemuan itu pertama kali diketahui oleh petugas kebersihan yang sedang memotong rumput di lokasi tersebut, Kamis (27/6/2019) sekitar pukul 09.30 WIB.

"Ia, tadi pagi sekitar setengah sepuluhan, pas lagi bersih-bersih di belakang rumah dinas (Musium Banten). Sanca batik, gede mas segini (sambil menunjukan betis-red)" kata Petugas Satpol PP yang piket di Museum Negeri Banten, Muhammad Gustina kepada awak media.

Ia menerangkan, ular sepanjang 4 meter itu berhasil ditangkap setelah petugas kebersihan memukul ular tersebut yang membuatnya tidak bisa bergerak.

"Panjangnya sekitar 3 sampai 4 meteran pokoknya tadi tuh 3 orang yang megang, ditangkapnya dibacok tadi, tapi masih hidup udah dibawa sama bagian umum," terangnya.

Sementara itu, Kepala BKSDA di Serang Andre Ginson membenarkan adanya penemuan tersebut, namun dirinya tidak langsung ke tempat penemuan.

"Ada laporan cuma kita gak ke lokasi, katanya mau di anter ke sini tapi belum ada sampe sekarang," kata Andre.

Selain itu, ia juga menegaskan, meski ular itu sempat dipukul, pihaknya akan mengobati ular tersebut sebelum dilepaskan di habitatnya.

"Sebetulnya itu bukan hewan dilindungi, paling nanti kita langsung lepaskan ke habitatnya. Kalau keadaanya tadi dibacok paling diobati terlebih dahulu," pungkasnya. [ahi]

Halaman:

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X