• Selasa, 28 September 2021

Kejaksaan Agung Terbakar: Dugaan Kelalaian Hingga Sabotase

- Senin, 24 Agustus 2020 | 11:35 WIB
Kejaksaan Agung Terbakar.*
Kejaksaan Agung Terbakar.*

[NEWSmedia] - Gedung Kejaksaan Agung RI, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terbakar hebat, pada Sabtu (22/8) 19.10 WIB. Dugaan sabotase hingga kelalaian manajemen gedung pun mencuat.

Api melalap gedung hampir sekitar 21 jam. Kejaksaan Agung menyatakan bahwa kebakaran diduga berasal dari lantai enam gedung utama kantor korps Adhyaksa itu.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Hari Setiyono mengungkapkan api kemudian membesar dan menjalar ke bagian lantai empat dan lima. Akibatnya, Gedung yang ditempati oleh sejumlah bagian di kejaksaan, seperti Jaksa Agung Muda Pembinaan, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen beserta jajaran pun kini menjadi hangus.

Di gedung itu juga terdapat kantor Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi. Kini, kedua pucuk pimpinan Kejaksaan Agung itu harus berkantor sementara di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung RI di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan mulai Senin (24/8)

Di lain sisi, pihak kejaksaan memastikan bahwa gedung yang terbakar bukan tempat penyimpanan berkas perkara.

"Itu data kepegawaian, ada beberapa biro yang ada di bidang pembinaan. tidak ada berkas penanganan perkara di sana, korupsi khusus maupun umum," kata Hari.

Setelah api sempat dijinakkan oleh petugas pemadam kebakaran, api kembali membara sekitar pukul 00.30 WIB pada Minggu (23/8) dini hari. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, api yang semula ada di bagian utara gedung telah merembet ke sisi bagian selatan. Artinya, hampir seluruh bagian gedung korps Adhyaksa dilalap si jago merah.

Akhirnya, baru sekitar pukul 06.00 WIB, api mulai berhasil dipadamkan oleh petugas. Hanya saja, sepanjang pagi itu masih terdapat puluhan mobil pemadam kebakaran yang bersiaga di sekitar lokasi. Pasalnya, kala itu masih terdapat sejumlah asap yang dikhawatirkan dapat terjadi kembali kobaran api.

Akibat kebakaran ini pun, setidaknya ada 25 tahanan yang dievakasi sementara ke Kejaksaan Negeri Jakara Selatan. Proses evakuasi itu dilakukan sekitar pukul 23.00 WIB.

Halaman:

Editor: Muhammad Adi

Tags

Terkini

X