• Kamis, 2 Desember 2021

Sengketa Pilgub Banten di MK Ditetapkan Selasa Depan

- Kamis, 30 Maret 2017 | 18:04 WIB
Jadwal Sidang Sengketa Pilkada Banten, 45/PHP.GUB-XB/2017, Selasa 4 April, jam 14.00, Panel 2, Pengucapan Putusan.*
Jadwal Sidang Sengketa Pilkada Banten, 45/PHP.GUB-XB/2017, Selasa 4 April, jam 14.00, Panel 2, Pengucapan Putusan.*

SERANG, [NEWSmedia] - Sengketa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di Mahkamah Konstitusi (MK), akan ditetapkan pekan depan dalam sidang dismissal.

Menurut Komisioner KPU Banten, Syaeful Bahri, pihaknya merasa yakin gugatan yang diajukan oleh pemohon (Rano-Embay) akan kandas pada persidangan dismissal yang akan dilakukan pada Selasa, (4/4/2017).

Yang dijadikan dasar KPU Banten bahwa gugatan Rano-Embay kandas adalah, dari sekian banyak daerah yang melaksanakan Pilkada serentak 2017 dan mengajukan gugatan ke MK, hanya ada sekitar delapan daerah yang tidak diundang untuk mengikuti persidangan dismissal tersebut.

"Ada sekitar delapan daerah yang tidak melewati ambang batas, saya tanya mereka katanya tidak diundang, berarti dugaannya mereka lanjut, kalau kita kan diundang. Ya kita yakini saja mudah-mudahan apapun hasil keputusan MK itu mempertegas bahwa kerja penyelenggara pemilu sesuai dengan perundang-undangan," kata Syaeful di ruang kerjanya, Kamis (30/3/2017).

Mekanisme persidangan di MK pekan depan, lanjut Syaeful, pihaknya akan mendengarkan putusan majelis hakim dan KPU Banten akan menindaklanjuti putusan tersebut.

"Kita harus menerima salinan putusannya, atas dasar itu kita akan melakukan rapat dan menindaklanjuti putusan itu, termasuk kalau memang dismissal, maka undangan untuk paslon terpilih akan disebarkan. Kita akan undang kedua paslon, timses, pimpinan parpol, dan Bawaslu," katanya.

Mengacu pada pasal 52 PKPU nomor 11 tahun 2015 tentang rekapitulasi dan penetapan calon terpilih, setelah adanya putusan dari MK, KPU Banten akan melaksanakan rapat pleno terbuka untuk menetapkan pasangan calon terpilih pada perhelatan Pilkada Banten 2017 selambat-lambatnya satu hari setelah putusan.

"Kalau misalkan sidangnya dilanjutkan, maka proses akan dilanjutkan dengan sidang mendengarkan saksi-saksi dan semua itu sudah kami siapkan. Tapi kita optimislah, karena seluruh daerah sampai sore ini kita hubungi, yang tidak melewati ambang batas tidak diundang, artinya sidang mereka diteruskan, sementara Banten diundang," pungkasnya. [Ahi]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X