• Jumat, 17 September 2021

Quick Count Pilkada Kota Serang: Syafrudin-Subadri Menang Tipis dari Vera-Nurhasan

- Rabu, 27 Juni 2018 | 17:37 WIB
Tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang pada Pilkada Kota Serang 2018.*
Tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang pada Pilkada Kota Serang 2018.*

SERANG [NEWSmedia] - Pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut 3, Syafrudin-Subadri menang tipis dari paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang nomor urut 1, Vera Nurlaela-Nurhasan pada Pilkada Kota Serang 2018.

Hasil tersebut berdasarkan hitung cepat (quick count) yang dilakukan Lingkaran Survei Kebijakan Publik (LSKP) yang merupakan jaringan dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Hasil quick count tersebut diumumkan di Ledian Hotel, Kota Serang, Rabu (27/6/18) sekitar pukul 16.00 WIB.

Berdasarkan data yang masuk, paslon nomor urut 3, Syafrudin-Subadri memperoleh hasil suara sebanyak 36,61 persen, disusul paslon nomor urut 1, Vera Nurlaela-Nurhasan dengan perolehan 35,42 persen dan paslon nomor urut 2, Samsul Hidayat- Rohman memperoleh suara 27,97 persen.

Peneliti LSKP-LSI Network, Zainal Mutaqin menjelaskan hasil quick count sudah mencapai 100 persen yang diambil dari 220 TPS di Kota Serang. Metode yang digunakan dalam quick count ini, yaitu mengerucut ke bawah dengan metode multi stage random sampling.

-

“Kami menggunakan secara proporsional, margin of error dalam hitung cepat ini berada dalam ambang satu persen," kata Zainal.

Menurutnya, quick count LSKP-LSI Network berdasarkan laporan relawan yang disebar di seluruh TPS tersebut. Ia menilai, dengan hasil yang cenderung tipis itu, kemungkinan arus politik semakin kencang, dimana dari setiap kubu akan saling menggungat.

“Keputusan KPU yang menjadi final yang benar. Ini hanya hasil quick count yang hanya diperoleh sementara," ucapnya. [CR]

Editor: Mulyadi

Tags

Terkini

X