Selasa, 11 Agustus 2020 |
News Room - Banten Memilih

Program WH-Andika: Hanya Dengan KTP, Warga Banten Bisa Berobat Gratis

Kamis, 29 Des 2016 | 07:37 WIB Dibaca: 1231 Pengunjung

Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy. (Foto: detikcom)

SERANG, [NEWSmedia] - Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Banten nomor urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumy (WH-Andika) meyakini program menggratiskan biaya pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Banten dapat terwujud.

Bahkan hanya dengan membawa kartu tanda penduduk (KTP) yang berdomisili Banten, warga bisa berobat dan mendapat pelayanan kesehatan dengan cuma-cuma alias gratis. Kebijakan tersebut sudah menjadi salah satu dari lima program prioritas WH-Andika jika terpilih memimpin Provinsi Banten.

“Saya sudah punya pengalaman menggratiskan biaya pelayanan kesehatan ketika menjadi Wali Kota Tangerang. Kami akan lakukan di seluruh Banten,” kata Wahidin Halim didampingi Andika Hazrumy, Rabu (28/12/2016).

WH mengaku punya perhitungan dan kajian tentang program kesehatan gratis tersebut. Masyarakat Banten yang berjumlah mencapai 11 juta jiwa, kata dia, tidak seluruhnya membutuhkan pelayanan kesehatan dalam waktu yang bersamaan

Dengan demikian, Wahidin mengatakan terdapat rasio antara warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan kemampuan anggaran pemerintah. “Untuk melaksanakan program ini, nanti kita akan lakukan memorandum of understanding (MoU) atau kerjasama dengan rumah sakit dan stakeholder terkait lain,” ujarnya.

WH menegaskan program ini bukan sekadar di atas kertas. Ia mengaku sudah memiliki kajian soal pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di Provinsi Banten. “Saya yakin mampu mewujudkan. Pelayanan dasar masyarakat, mulai dari pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur, ya memang harus jadi prioritas Pemerintah Provinsi Banten,” tuturnya.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengaku selama masa kampanye bertemu masyarakat hingga pelosok desa, banyak warga yang sulit mengakses pelayanan kesehatan.

“Melihat kondisi itu, ke depan kami akan dekatkan pelayanan kesehatan. Kami akan membantu pemerintah kabupaten/kota untuk memperbanyak puskesmas hingga ke pelosok,” kata Andika.

Tak hanya itu, sebagai penunjang pelayanan kesehatan agar optimal, Pemerintah Provinsi Banten di bawah kepemimpinan WH-Andika nanti, akan memperbanyak tenaga kesehatan. Kata Andika, ke depan Pemprov Banten harus mampu memberikan beasiswa khusus tenaga kesehatan.

“Tenaga kesehatan yang sudah menerima beasiswa, setelah lulus kita berikan tugas untuk memberikan pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas,” ujarnya.

Kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas juga, kata Andika, harus ditingkatkan. Puskesmas yang selama ini berstatus rawat jalan, harus ditingkatkan menjadi rawat inap. “Banyak masyarakat yang harus dirujuk ke rumah sakit karena puskesmas belum berstatus rawat inap. Sementara jarak tempuh dari puskesmas ke rumah sakit sangat jauh. Ke depan, kita perbanyak puskesmas rawat inap untuk mendekatkan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Andika juga meyakini program pelayanan kesehatan tersebut mampu diwujudkan dengan sinergisitas antara Pemprov Banten dengan pemerintah kabupaten/kota. Apalagi secara hirarki politik, pasangan WH-Andika memiliki komunikasi yang baik dengan seluruh bupati/wali kota di Banten.

“Sinergi yang baik antara pemerintahan akan mampu mewujudkan pelayanan dasar yang baik bagi masyarakat,” ucapnya. [nr]

Editor: Indra Gunawan
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Program WH-Andika: Hanya Dengan KTP, Warga Banten Bisa Berobat Gratis
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top