Rabu, 17 Oktober 2018 |
Pariwisata - News Gallery

Pulau Lombok Negeri Seribu Masjid

Selasa, 11 Apr 2017 | 18:00 WIB Dibaca: 3038 Pengunjung

Pulau Lombok negeri seribu masjid.*

[NEWSmedia] - Tidak hanya kaya akan keindahan alam dan budaya, Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat, ternyata menyimpan “harta karun” berupa ribuan Masjid. Tak heran, Lombok dijuluki sebagai “Negeri Seribu Masjid”. Nah penasaran kan? Seperti apa rupa dan sejarah Masjid-Masjid di Lombok?.

Bersanding dengan pulau Bali, pulau Lombok tak kalah elok. Predikat Lombok sebagai pulau dengan seribu Masjid, memang tak berlebihan. Masjid-masjid megah nan mewah, berjejer di setiap desa di sepanjang perjalanan di pulau ini.

Lombok  berasal dari kata Lomboq yang artinya adalah “lurus”. Dari dulu orang Lombok dikenal sebagai orang yang jujur, dan 96% penduduknya memeluk agama Islam. Jadi tak heran jika banyak Masjid bertebaran di pulau ini.

Menuju kota Mataram, simbol “Negeri Seribu Masjid” sudah mulai nampak, ketika dengan megah berdiri sebuah landmark berbentuk masjid berkubah warna emas dan berlatar belakang bukit-bukit indah di belakangnya. Dikenal dengan beberapa nama, namun tugu ini sering disebut sebagai Tugu Giri Menang Square atau TGMS.

Diresmikan sejak tahun 2013 lalu, bundaran dengan tugu menyerupai masjid ini merupakan jalan penghubung antar kota, sekaligus sebagai gerbang utama pintu masuk ke pulau Lombok. TGMS merupakan bundaran dengan taman dan kubah air mancur terbesar di kawasan Indonesia Timur.

Memasuki kota Mataram, keberadaan masjid semakin berjejal. Dikelilingi oleh bukit nan hijau, pemandangan masjid di kota ini laksana mozaik yang mampu membuat siapapun terpukau. Masjid – masjid ini mempunyai ciri khas tersendiri di setiap wilayah. Khusus di Mataram, setiap masjid umumnya mempunyai kubah dan menara.

Agar mengetahui lebih jauh mengenai masjid di Mataram, saya pun berkesempatan untuk mengunjungi masjid tertua di “kota ibadah” ini. Adalah Masjid Al-Raisiyah atau yang lebih dikenal dengan masjid Benga’ namanya.

Masjid Benga’ ini terletak di Desa Sekarbela, Kelurahan Karang Pule, Kecamatan Sekarbela. Masjid ini berdiri kokoh diantara perkampungan warga. Letaknya memang tidak berada di pinggir jalan, melainkan masuk ke dalam gang terlebih dahulu. Masjid ini dibangun pada abad ke-17, oleh seorang penyebar Islam asal Jawa yang bernama Gaus Abdul Razak.

Dulunya, daerah ini dikenal sebagai daerah tandus. Dan masyarakat setempat masih memeluk agama Hindu. Namun kondisi itu berubah saat Gaus masuk ke wilayah ini dan menyebarkan agama Islam.

Tekstur bangunan Masjid Al-Raisyah, meniru Masjid Nabawi di Madinah. Hal itu nampak dari bentuk kubah dan menara setinggi 63 meter. Bahkan dinding pada mimbar masjid berbahan marmer yang diambil dari Lampung.

Masjid di Lombok

Meski modern masjid ini tetap memiliki sejarah. Sebab mimbarnya masih dihiasi oleh ukiran kayu ipil berwarna hitam setinggi 20 meter yang diambil dari Gunung Rinjani. Dan kayu ini diperkirakan sudah berusia seratus tahun lebih. Di ukirannya terdapat tulisan kaligrafi dengan ayat Al-Quran surat Al-Jum’ah.

Selain tua, masjid ini juga menyimpan hal yang menarik, yakni keberadaan kolam dan sumur yang berada di belakang Masjid.

Di belakang sumur terdapat kolam yang selalu dipakai warga untuk mandi. Kolam ini berukuran 5×15 meter dengan kedalaman satu koma lima meter, dan terbagi dua antara kolam lelaki dan perempuan.

Air dari kaki Gunung Rinjani, muncul dari bawah tanah. Itulah kenapa di dasar kolam ini hanya dilapisi kerikil. Tidak cukup sampai disitu, masyarakat juga mempercayai air itu mengandung kekuatan supranatural. Konon, pada  masa penjajahan Jepang, air itu berubah menjadi minyak yang oleh warga yang diyakini mampu menjadi kekebalan tubuh dari senjata tajam. Bahkan sejumlah tentara jepang yang terluka, dibawa ke masjid ini untuk memperoleh pengobatan. Tak heran, kini banyak juga warga dari luar daerah yang melakukan napak tilas ke Masjid Benga’, sekaligus membawa air dari kolam ini untuk pengobatan. [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Pulau Lombok Negeri Seribu Masjid
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top