Rabu, 18 Juli 2018 |
News Room

Ribuan Pemohon Pembuatan Paspor di Banten Ditolak

Kamis, 16 Mar 2017 | 07:37 WIB Dibaca: 1141 Pengunjung

Layanan kantor imigrasi.*

SERANG, [NEWSmedia] - Divisi Imigrasi pada Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Banten telah menolak ribuan pemohon paspor di seluruh kantor imigrasi wilayah Banten. Penolakan pembuatan paspor itu dilakukan karena pemohon tidak melalui prosedur yang ditetapkan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Timbul Pardede menjelaskan, untuk mengajukan permohonan paspor di keimigrasian, masyarakat harus mendapatkan surat rekomendasi dari instansi-instansi yang sudah berkoordinasi dengan pihak imigrasi.

“Ada sebanyak 1.160 pemohon paspor di seluruh kantor Imigrasi di Banten dibatalkan karena tidak memenuhi prosedur,” kata Pardede, saat mengikuti Rapat Koordinasi Antar Instansi Terkait dan Penyebaran Informasi Keimigrasian Melalui Media yang digelar di Kantor Kemenkum HAM Provinsi Banten, Selasa (15/3/2017).

Pardede menjelaskan, bagi warga yang hendak melakukan umroh harus mendapat rekomendasi dari Kementrian Agama setempat. Sementara bagi WNI yang ingin bekerja, harus mendapat rekomendasi dari BP3TKI atau Disnakertrans setempat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Ajub Suratman mengatakan prosedur tersebut sangat penting diketahui oleh instansi-instansi terkait agar WNI yang berada di luar negeri bisa terdata dengan baik, sehingga keberadaannya akan terpantau.

“Rekomendasi ini memastikan tujuan WNI yang ingin ke luar negeri, apakah mereka bekerja atau umroh. Maka dengan rekomendasi tersebut, WNI akan mudah mendapat perlindungan dari pemerintah jika mendapatkan persoalan di luar negeri,” terangnya.

Menurut Ajub, prosedur pemberian rekomendasi sebagai syarat permohonan pembuatan paspor tersebut adalah sebagai bentuk pencegahan terhadap TKI ilegal. “Bagi yang jalur ilegal, kami kesulitan untuk memberikan perlindungan hukum (jika terjadi masalah),” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan dan Pembinaan Tenaga Kerja pada Disnakertrans Kabupaten Serang A Utami mendukung penuh adanya aturan tersebut. Pihaknya pun memastikan pengurusan pembuatan surat rekomendasi tersebut tidak akan dipungut biaya alias gratis.

“Kami tidak melakukan pungutan apapun. Pembuatan rekomendasi itu gratis, asalkan persyaratanya lengkap, yaitu KTP, KK dan akte kelahiran,” katanya.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Kota Serang, Kokom Qomariah juga siap melayani masyarakat yang ingin membuat surat rekomendasi untuk permohonan pembuatan paspor umroh. “Surat rekomendasi itu gratis, tidak ada bayaran apa-apa, datang aja ke kantor kami," ujarnya. [firman]

Penulis: Firman Arief
Editor: Arif Darma
Publisher: Mulyadi
Bagikan:

KOMENTAR

Ribuan Pemohon Pembuatan Paspor di Banten Ditolak
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top