Senin, 10 Mei 2021 |
News Gallery - Lifestyle

Rutin Jalan Kaki Adalah Kunci Utama Agar Panjang Umur, Benarkah?

Selasa, 14 Mar 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 5914 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Siapa yang tak ingin memiliki umur panjang dan tubuh bugar juga sehat selalu? Dipastikan bahwa semua orang ingin punya umur panjang dan tubuh sehat. Dikutip dari laman prevention.com, untuk miliki umur panjang sebenarnya sangat mudah. Selama kita mau menerapkan pola hidup sehat dan rutin melakukan gerak tubuh walau itu sangat sederhana misalnya jalan kaki, kita dipastikan bisa punya umur panjang hingga 100 tahun atau lebih.

Buettner, seorang peneliti kesehatan dari Amerika mengungkapkan bahwa kebiasaan sehari-hari adalah penentu utama dari panjang atau pendek umur seseorang. Di kota-kota dengan penduduk yang sehat memiliki umur rata-rata lebih dari 100 tahun seperti di Okinawa, Jepang; Ogliastra, Ikaria, Yunani; Nicoya, Kosta Rika; dan Loma Linda, California, umumnya lansia di sini punya gaya hidup yang menarik.

Agar panjang umur, berisiko sangat rendah terhadap berbagai penyakit mematikan seperti diabetes, kanker, jantung dan ginjal, para lansia tersebut selalu memastikan untuk memiliki pola hidup sehat. Orang-orang ini juga rutin jalan kaki setiap pagi minimal selama 30 menit.

Jalan kaki adalah olahraga yang sangat mudah namun memiliki segudang manfaat buat kesehatan. Dengan jalan kaki, sistem peredaran darah dalam tubuh bisa bekerja dengan baik, kesehatan jantung bisa bekerja dengan maksimal dan kekuatan otot tubuh makin mengesankan.

Buettner mengatakan, "Ketika seseorang memiliki gerak tubuh yang cukup, pertambahan usia justru akan membuatnya lebih sehat dan bugar. Ketika kita lebih banyak duduk, tidur atau berdiam diri, ini memiliki risiko masalah kesehatan yang lebih besar. Jalan kaki di pagi atau sore hari adalah cara termudah, termurah dan kunci utama agar kita bisa panjang umur."

Selain jalan kaki rutin dan menerapkan pola hidup sehat, kunci utama dari panjang umur lainnya antara lainnya adalah meminimalisir stres, memperbanyak konsumsi sayur dan buah, tidur tepat waktu, mengurangi penggunaan gadget dan alat elektronik, menghentikan aktivitas makan jika memang sudah kenyang, mandi dan membersihkan diri secara teratur, bangun pagi dan berteman dengan orang-orang punya semangat hidup sehat baik.

Well Ladies, jika kamu ingin panjang umur? Jangan lupa buat menerapkan pola hidup sehat, bahagia selalu dan miliki gerak tubuh cukup ya. Semoga informasi ini bermanfaat. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Rutin Jalan Kaki Adalah Kunci Utama Agar Panjang Umur, Benarkah?
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top