Selasa, 11 Agustus 2020 |
News Room - Pendidikan

SBMPTN Pengumuman Diundur, Lakukan 5 Hal Ini Biar Tak Stres Menanti Hasil

Sabtu, 04 Jul 2020 | 20:03 WIB Dibaca: 409 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Siapa yang tidak deg-degan menunggu SBMPTN pengumuman? Pasalnya tes ini mempertemukan detikers dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, kamu harus memperebutkan kursi di jurusan pilihan. Persaingan pun semakin ketat saat universitas yang diincar menyediakan kuota penerimaan terbatas.

Jarak antara pelaksanaan dengan pengumuman SBMPTN pun terbilang cukup lama, yakni tiga sampai empat minggu. Supaya detikers tidak stres dalam menunggu hasil SBMPTN pengumuman, kegiatan-kegiatan di bawah ini untuk mengisi waktu luangmu!

1. Ambil jeda untuk istirahat
Sebagian besar siswa kelas 12 sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN sejak beberapa bulan sebelumnya. Selain jadwal belajar di sekolah yang semakin padat, ada bimbel dan kursus tambahan yang diambil untuk memaksimalkannya. Detikers yang sudah melewati masa-masa ini pasti sudah mengorbankan banyak hal, termasuk refreshing.

Jadi selepas mengikuti SBMPTN, tak ada salahnya Detikers mengambil jeda untuk istirahat. Atur kembali jam tidur agar kembali normal dan sempatkan diri untuk jalan-jalan. Nikmati momen-momen ini sebelum kamu kembali disibukkan dengan kegiatan sebagai mahasiswa.

2. Merancang plan B
Bersikap optimis dan berpikir positif memang akan membantu detikers untuk tetap tenang, tetapi bukan berarti kamu melupakan risiko yang bisa saja terjadi. Dalam hal ini, kemungkinan tak lolos SBMPTN bisa saja terjadi pada siapa pun, termasuk kamu. Meski mengecewakan, jangan sampai hal tersebut bikin kamu tak mau melanjutkan pendidikan, ya.

Sembari menunggu pengumuman, rancang plan B seperti mencari PTS yang memiliki jurusan yang detikers incar. Kumpulkan setiap informasi yang diperlukan, salah satunya cara mendaftar, yang bisa langsung diprospek kalau namamu tidak muncul dalam SBMPTN pengumuman.

3. Perdalam skill dan hobi
Punya hobi yang detikers telantarkan gara-gara sibuk belajar untuk SBMPTN? Sekarang saatnya menggeluti kembali kegiatan yang kamu senangi. Melakukan hobi merupakan bentuk refreshing juga karena detikers akan melepas tekanan dan beban yang selama ini dirasakan saat bersiap siap untuk mengikuti maupun menunggu SBMPTN pengumuman.

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah memperdalam soft skill yang bakal membantu detikers di bangku kuliah atau dunia kerja. Pasalnya begitu memasuki kehidupan sebagai mahasiswa, kamu akan mengalami perubahan besar yang menuntutmu buat 'bertahan hidup'.

4. Mengikuti kursus atau kelas online
Maraknya kelas atau kursus online yang muncul selama masa pandemi bisa detikers manfaatkan sembari menunggu pengumuman, lho! Beberapa kelas online bahkan tersedia gratis dengan materi dan mentor profesional. Sebagian lagi berbayar, tetapi kalian bakal mendapatkan fasilitas lebih lengkap dan reward seperti sertifikat.

Untuk menunjang perkuliahan nanti, pilihlah kelas yang materinya sesuai dengan jurusan yang detikers incar. Langkah tersebut bakal mempersiapkanmu saat masuk ke universitas, sehingga tak akan canggung lagi.

5. Bertemu teman atau kerabat keluarga
Sejumlah daerah dan kota di Indonesia sudah menerapkan aturan new normal. Dengan kata lain, detikers bisa beraktivitas di luar ruangan selama mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. Jika memungkinkan, kamu dapat menggunakan kesempatan tersebut dengan bertemu teman lama atau kerabat keluarga.

Berbincang-bincang atau sekadar bertatap muka setelah menjalani swakarantina selama kurang lebih tiga bulan membantu detikers buat menyegarkan pikiran. Kamu juga bisa melepas rindu setelah lama beraktivitas dari rumah dan keluar untuk kepentingan urgen saja.

Bagaimana, adakah aktivitas atau kegiatan yang dapat membantu detikers untuk meredakan stres selama kalian menunggu SBMPTN pengumuman? [dtc]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

SBMPTN Pengumuman Diundur, Lakukan 5 Hal Ini Biar Tak Stres Menanti Hasil

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top