Kamis, 12 Desember 2019 |
Kesehatan - News Gallery

Setelah Kebanyakan Konsumsi Gula, Segera Lakukan Ini Agar Kesehatan Terjaga

Selasa, 12 Des 2017 | 09:30 WIB Dibaca: 7065 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Ladies, pernah nggak kamu kalap ngemil yang serba manis? Gula memang dibutuhkan tubuh. Tapi kalau konsumsinya berlebihan, dampaknya bisa sangat negatif untuk kesehatan tubuh.

Brierley Horton, MS, RD seorang Food and Nutrition Director dari Cooking Light menjelaskan bahwa kebanyakan mengonsumsi gula bisa membuat kadar gula darah meningkat. Efeknya kita akan merasa terus lapar dan terus ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis. Inilah kenapa seringkali kita malah susah berhenti makan kalau sudah mengonsumsi yang mengandung gula.

Agar kesehatan tetap terjaga, ada sejumlah hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir dampak negatif kebanyakan konsumsi gula. Seperti hal-hal berikut ini.

Mengonsumsi Makanan Probiotik
Sebuah penelitian dari Oregon State University menunjukkan bahwa bakteri "jahat" di dalam sistem pencernaan menggantungkan hidupnya pada gula, salah satu efek dari kondisi ini adalah bisa mempengaruhi fungsi kognitif kita. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik yang mengandung bakteri baik. Seperti Greek yogurt, susu kefir, dan sauerkraut (hasil fermentasi dari kol).


Konsumsi yogurt juga disarankan./Copyright pexels.com
Mengonsumsi Makanan Sumber Protein dan Serat
Stabilkan gula darah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat. Karena bila tidak diimbangi dengan protein dan serat, gula darah bisa meningkat tajam dan membuat kita gampang merasa lapar dan ingin makan terus. Sumber protein yang bisa dipilih adalah telur dan selai kacang. Aneka sayur dan buah yang kaya serat pun bisa jadi pilihan yang aman.

Melakukan Olahraga Yoga atau Stretching Ringan
Tahukah kalau 80% orang akan mengonsumsi lebih banyak makanan manis saat sedang stres? Sebuah penelitian dari University of California, Davis menemukan bahwa ketika wanita yang sedang stres minum minuman manis, respons tubuh terhadap stres bisa makin parah. Jadi ada baiknya untuk melakukan yoga atau stretching ringan setelah mengonsumsi makanan yang manis-manis, agar nafsu makan bisa kembali stabil.

Jalan Kaki Santai
Kalau sudah merasa kelebihan makan yang manis-manis, coba luangkan waktu beberapa menit untuk jalan kaki. Gerakkan tubuh dan rilekskan otot-otot tubuh agar nafsu makan kembali stabil. Selain itu, jalan kaki juga bisa jadi salah satu cara mudah untuk membakar kalori dari makanan yang baru dikonsumsi dengan lebih cepat.

Boleh kok makan yang manis-manis, tapi juga ada batasnya ya ladies. Dan kalau sudah merasa kebablasan, coba lakukan cara-cara di atas untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhmu. Semoga infonya bermanfaat. [vml]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Setelah Kebanyakan Konsumsi Gula, Segera Lakukan Ini Agar Kesehatan Terjaga
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top