Minggu, 25 Oktober 2020 |
News Gallery - Tekno

Tancap Gas saat Mesin Masih Dingin? Ini Faktanya

Rabu, 02 Agt 2017 | 13:15 WIB Dibaca: 1316 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Salah satu hal yang kerap dilakukan para pengendara sebelum berangkat beraktivitas yakni memanaskan mesin sepeda motor. Umumnya, para pemilik sepeda motor memanaskan mesin sepeda motor antara lima sampai 10 menit.

Namun, tak semua pemilik motor melakukan hal demikian. Ada saja yang langsung tancap gas karena sejumlah alasan, mulai dari malas hingga terburu-buru. Sebenarnya, seberapa penting memanaskan mesin motor sebelum digunakan?

Menanggapi hal tersebut, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), Ade Rohman, menjelaskan, memanaskan mesin motor tergantung dari jenis pengabutan yang digunakan, apakah karburator atau injeksi.

"Untuk yang tipe karburator, disarankan untuk dipanaskan terlebih dahulu kurang lebih dua menit. Supaya mesin terlumasi oleh oli dengan sempurna," kata Ade kepada VIVA.co.id.

Sedangkan untuk motor injeksi, Ade menjelaskan, memanaskan motor bukan kewajiban yang harus dilakukan pemilik kendaraan sebelum digunakan beraktivitas.

"PGM-FI (injeksi) pada saat mesin dihidupkan, secara otomatis putaran mesin langsung naik ke 2.000 rotasi per menit (RPM). Tujuannya sama, supaya oli tersirkulasi dengan baik," ujarnya.  [viva]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tancap Gas saat Mesin Masih Dingin? Ini Faktanya

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top