Senin, 06 Juli 2020 |
Kesehatan - News Gallery

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja

Senin, 29 Jun 2020 | 09:35 WIB Dibaca: 221 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pandemi Covid-19 masih belum mereda. Di tengah situasi pandemi dan kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), prioritas utama adalah keselamatan dan kesehatan, terutama bagi kamu yang saat ini sudah kembali beraktivitas di kantor.

Oleh sebab itu, agar aktivitas dan produktivitas tetap terjaga selama bekerja serta mencegah penularan Covid-19, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan :

1. Cuci tangan atau gunakan Hand Sanitizer

Sejak merebaknya pandemi Covid-19, setiap orang mengetahui pentingnya mencuci tangan atau menggunakan pembersih dengan kadar alkohol 70 persen. Covid-19 menyebar terutama dari tetesan yang dihasilkan melalui batuk atau bersin pada orang yang terinfeksi Covid-19.

Penyebaran virus Covid-19 dapat terjadi dalam dua cara, yakni kontak langsung atau kontak tidak langsung. Seseorang bisa tertular Covid-19 dengan menyentuh permukaan atau kain yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata seseorang. Namun, jika Anda mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik atau lebih setiap hari, Anda akan membunuh virusnya. Karena itu, disarankan untuk sering mencuci tangan dan jangan menyentuh mulut, mata, hidung, atau telinga Anda.

2. Pertahankan jarak sosial

Mereka yang masih harus datang ke kantor, harus menjaga jarak sosial di tempat kerja. Jika Anda bekerja di ruang tertutup dengan banyak orang, minta perusahaan Anda untuk membatasi jumlah orang yang ada di dalam ruangan. Pastikan Anda menjaga jarak minimal satu meter dengan rekan Anda. Selain itu, hindari meeting dan kumpul-kumpul dan jika mungkin mendesak bisa melakukan meeting online saja.

3. Gunakan masker

Covid-19 menyebar terutama oleh tetesan yang dihasilkan melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi Covid-19. Anda harus menutupi mulut dan hidung saat batuk atau bersin. Anda dapat menggunakan tisu atau sapu tangan untuk melakukannya. Jika Anda tidak memiliki kertas tisu atau sapu tangan, Anda dapat batuk atau bersin di lekukan siku Anda. Ingat, keselamatan orang lain adalah tanggung jawab Anda juga.

Selain mengikuti tiga langkah ini di kantor, karyawan juga harus menjalani pemeriksaan ketika mengalami gejala, seperti demam, batuk, dan lainnya. Namun, bukan hanya tanggung jawab karyawan untuk tetap aman dan sehat di tempat kerja, sangat penting bahwa organisasi atau kantor, baik swasta maupun pemerintah, harus mengambil langkah-langkah yang memadai untuk melindungi karyawannya. [okz]

Editor: Newsmedia
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tips Cegah Covid-19 di Tempat Kerja
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top