Selasa, 23 Oktober 2018 |
News Gallery - Tekno

Tips Menghilangkan Bunyi Mendecit saat Injak Rem Mobil

Sabtu, 21 Jul 2018 | 13:00 WIB Dibaca: 205 Pengunjung

Foto ilustrasi.*

[NEWSmedia] - Pernahkah mendengar bunyi mendecit saat menginjak rem mobil. Meski sering dianggap sepele dan tidak mengganggu asyiknya berkendara, bila dibiarkan berlarut-larut dapat menghilangkan fungsi rem secara optimal. Kemungkinan terburuk dapat menyebabkan kecelakaan.

"Rem mendecit biasanya karena ada tumpukan kerak kotoran, seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Hal itu lantaran banyak dari pemilik mobil enggan melakukan perawatan, meskipun sudah tahu kalau kondisi rem sedang tidak prima," ujar Ardi Luna Setiawan, pemilik begkel mobil Jaya Auto Mobil.

Ia mengatakan, efek rem mendecit bukan hanya membuat kampas dan cakram cepat tipis, tapi juga bisa membuat komponen di sekitar rem cakram melenting akibat suhu panas yang berlebihan akibat gesekan.

"Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem mobil tidaklah sulit. Hanya butuh membersihkan cakram, tromol, dan komponen lain yang ada di seputar roda mobil. Alat yang dibutuhkan cukup kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia," ucap Ardi.

Langkah awal membersihkannya adalah melepas ban dengan kunci roda. Agar aman, bodi mobil didongkrak dan bagian roda lainnya diganjal. Jika cakram sudah terlihat, lanjutkan dengan menyemprotkan cairan pembersih rem mobil hingga merata.

"Jarak penyemprotan antara cakram dan brake cleaner sekitar 10–15 cm, dan semprotkan hingga merata agar piringan cakram benar-benar basah dan merontokan kerak yang ada," katanya.

Setelah disemprot, lap dengan kain kering dan bersih secara berulang. Jika dirasa masih kurang bersih, bisa dilakukan penyemprotan sekali lagi hingga kotoran benar-benar besih.

Selanjutnya bersihkan teromol rem dengan cara melepas tromol terlebih dahulu. Gunakan palu secara hati-hati atau perlahan untuk melepas tromol tersebut. Setelah terlepas, tromol yang berdebu bersihkan dengan semprotan kompresor jika ada. Jika tidak ada, bisa menggunakan kuas halus.

"Jika debu sudah bersih, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Setelah itu, cakram, tromol dan roda bisa dipasang kembali," ujar Ardi. [okz]

Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

LAINNYA

Awas, Sering Pakai Obat Kumur Bisa Picu Diabetes
Selasa, 23 Okt 2018 | 00:02 WIB
Awas, Sering Pakai Obat Kumur Bisa Picu Diabetes
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola 23 Oktober 2018
Senin, 22 Okt 2018 | 23:01 WIB
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola 23 Oktober 2018
Aktris Senior Titi Qadarsih Meninggal Dunia
Senin, 22 Okt 2018 | 22:02 WIB
Aktris Senior Titi Qadarsih Meninggal Dunia
Imbangi Chelsea, MU Percaya Diri Lumat Juventus
Senin, 22 Okt 2018 | 21:01 WIB
Imbangi Chelsea, MU Percaya Diri Lumat Juventus

KOMENTAR

Tips Menghilangkan Bunyi Mendecit saat Injak Rem Mobil

BERITA TERKAIT

NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top