Jumat, 25 September 2020 |
News Room

Tunjangan Minim Jadi Alasan ASN Pemkot Serang Enggan Punya Sertifikat PBJ

Senin, 03 Agt 2020 | 16:40 WIB Dibaca: 379 Pengunjung

Wali Kota Serang Syafrudin setelah sidak di Kantor BPPJB Kota Serang, Senin (3/8/2020).*

SERANG, [NEWSmedia] - Wali Kota Serang Syafrudin mengungkapkan, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Serang tidak mau memiliki sertifikat Pengadaan Barang dan Jasa (PJB).

Menurutnya, meski para ASN Pemkot Serang ikut serta dalam proses sertifikasi PJB, namun dalam pelaksanaannya, mereka sengaja tidak meloloskan diri.

"PNS kita ini jarang atau tidak mau punya sertifikat PBJ, ketika mereka ikut seleksi untuk mendapatkan sertifikat itu, mereka diendingnya itu tidak lulus, setelah saya tahu ternyata ada unsur kesengajaan, karena kalau lulus mereka ditempatkan di ULP ini sebagai tenaga fungsional," kata Syafrudin setelah sidak di Kantor BPPJB Kota Serang, Senin (3/8/2020).

Ia menduga, para ASN di Pemkot Serang enggan mempunyai sertifikat PJB, lantaran khawatir ditempatkan di Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPJB) Kota Serang yang tunjangannya tidak sama dengan kabupaten/ kota lain di Banten.

"Tunjangan dr pokja itu kurang, tidak sama dengan kabupaten/ kota lain, itu yang saya perlu perhatikan dan akan diperkuat untuk bisa memberikan kesejahteraan lebih kepada pokja," jelasnya.

Sementara Kepala BPPJB Kota Serang Koswara Mulyana menambahkan, beberapa ASN eselon tiga dan empet di Pemkot Serang telah memiliki sertifikat PJB, namun mereka enggan bergabung di BPPJB.

"Ada 94 sudah memberikan sertifikat, mereka tersebar ada di eselon 3, 4 dan pelaksana, selayaknya mereka bergabung ke BPBJ atau ULP agar menjadi Pokja agar memberikan pelayanan bagi OPD lain tapi mereka enggan mungkin karena faktor kesejahteraan yang kurang, di sini juga kerjaan rawan dengan resiko hukum tinggi, banyak tantangan lah," pungkasnya. [ahi]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Tunjangan Minim Jadi Alasan ASN Pemkot Serang Enggan Punya Sertifikat PBJ
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top