• Rabu, 1 Desember 2021

4 Cara Agar Anak Lebih Terbuka pada Orang Tua, Berikut Trik Untuk Memahami Anak Biar Tidak Dibilang Otoriter

- Senin, 6 September 2021 | 09:40 WIB
Illustrasi Ibu dan Anak (Pexels/Ketut Subiyanto)
Illustrasi Ibu dan Anak (Pexels/Ketut Subiyanto)
 
NEWSmedia – Hubungan antara anak dan orang tua terkadang sangat rumit, tidak semua orang tua memahami apa keinginan dan maksud sang anak.
 
Dilansir dari instagram resmi miliki @kemdikbud.ri sikap terbuka di dalam keluarga merupakan hal positif dan penting, agar dapat saling mendukung dan membantu. Namun, karena beberapa alasan, terkadang anak sulit bersikap terbuka kepada orang tua. Bagaimana agar anak lebih terbuka kepada orang tua? Yuk, simak beberapa kiatnya!
 
1. Jangan memaksa
Posisikan diri sebagai teman dan tempat yang nyaman untuk berbicara. Bersikaplah tenang, terbuka, dan tidak mendesak. Biarkan mereka merasa nyaman dan ingin berbagi tanpa ada tekanan.
 
2. Hindari kritik
Salah satu hal yang tak disukai anak ketika bicara dengan orang tuanya adalah mendengar kritik yang dilontarkan orang tua. Jangan buat diri seperti hakim, sebaliknya, buat kalimat yang bisa memotivasi anak lebih baik.
 
 
 
3. Ajukan pertanyaan spesifik
Cobalah untuk mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik kepada anak, misalnya "Main apa saat istirahat tadi?". Dengan menanyakan hal-hal yang spesifik, maka jawaban yang diberikan anak bisa lebih memuaskan, bahkan keluar celotehan lain yang tak terduga.
 
 
4. Masuki "dunia" anak
Dengan mengikuti dunia anak, orang tua akan lebih mudah untuk memancing anak bicara. Saat orang tua mampu masuk ke dalam dunianya, anak akan merasa lebih nyaman dan santai. Cari waktu dan tempat yang pas untuk memulai pembicaraan dengan anak.
 
 
Dengan melakukan hal hal tersebut dapat membuat orang tua lebih dekat dengan anak dan lebih dapat memahami dan mudah untuk menanggapi sikap anak yang tertutup. Karena keterbukaan itu dapat menjadikan hubungan menjadi lebih erat***
 

Editor: Fatihin Rere

Tags

Terkini

X