• Selasa, 7 Desember 2021

7 Fenomena Unik di Pikiran Manusia, Nomor 1 Kalian Pasti Pernah Mengalaminya

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:30 WIB
Ilustrasi Deja Vu, salah satu fenomena unik pikiran manusia (Pixabay)
Ilustrasi Deja Vu, salah satu fenomena unik pikiran manusia (Pixabay)

NEWSmedia - Kemampuan pikiran manusia memang sangat tidak terduga. Semua yang ada di pikirkann kita dan kita alami pada dasarnya dihasilkan oleh pikiran kita sendiri. Masih banyak hal yang menjadi tanda tanya besar hingga saat ini.

Hingga saat ini ilmuwan masih belum mengetahui seberapa besar kekuatan dari pikiran manusia.

Pada dasarnya sains mampu mendeskripsikan apa yang terjadi di pikiran manusia, tapi untuk mengidentifikasi asal-usulnya adalah hal yang sulit.

Berikut ini fenomena-fenomena yang biasa terjadi di alam pikiran kita!

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kota Serang dan Cilegon Hari ini, Rabu 20 Oktober 2021: Potensi Hujan Sedang di Siang dan Sore

  1. Déjà vu

Dé jà vu (already seen) adalah fenomena yg terjadi ketika seseorang yakin pernah mengalami atau melihat sebuah situasi yang dialami saat ifu juga. Mereka akan memiliki perasaan familiar yang kuat dan bercampur dengan perasaan aneh.

  1. Jamais vu

Jamais vu (never seen ) kebalikan dari déjà vu. Fenomena ini menggambarkan seseorang yang tidak mengenali sebuah situasi yang akrab dengannya selama beberapa saat. Jamais vu adalah hal yang dialami ketika seseorang tidak mengenali wajah, kata-kata, atau tempat yang mereka tahu.

Baca Juga: Fakta Menarik Para Pakar Psikologi, Kenapa Seseorang Menonton Serial Televisi Bisa berulang kali

  1. Déjà vécu

Fenomena ini selangkah di depan dari déjà vu. Saat mengalaminya, seseorang bisa mengetahui kejadian, lingkungan sekitar, bahkan bau dengan sangat detail. Déjà vécu bahkan memungkinkan orang yang mengalami tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Wah seperti bisa meramal masa depan ya.

  1. Déjà visité

Déjà visité memiliki karakteristik yang hampir sama dengan déjá vécu. Orang yang mengalami fenomena ini bisa mengetahui lokasi geografis di sebuah kota yang tidak pernah mereka datangi. Contohnya, seseorang bisa tahu rute jalan dan bangunan di kota yang baru saja mereka datangi. Ini adalah hal yang hampir mustahil untuk terjadi. 

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X