• Selasa, 30 November 2021

Sebaiknya Makanan yang Sudah Dimakan Semut Dibuang, Ini 3 Alasannya

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 08:10 WIB
Ilsutrasi Makanan Yang di makan semut
Ilsutrasi Makanan Yang di makan semut

NEWSmedia - Bolehkah makanan yang pernah dkerungungi atau dimakan semut kembali dkonsumsi? peertanyaan ini sering timbul di sekitar kita saat kita meninggalkan makanan di atas meja.

Salah seorang dokter Devia Irine Putri berpendapat,sebaiknya makanan dibuang jika sudah dimakan semut, hal ini mengacu pada kesehatan dan juga sejumlah alasan.

mengatakan makanan yang telah disemutin memang sebaiknya dibuang dan jangan dimakan kembali.

"Makanan yang sudah disemutin pasti kebersihannya akan berkurang. Ini karena kita tidak tahu semut itu datangnya dari mana. Bisa saja melewati kotoran atau bangkai binatang lain. Ketika makanan sudah dikerumuni semut, memang sebaiknya langsung dibuang,".

Mengonsumsi makanan yang sudah digerayangi semut bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti diare, mual, dan muntah.

Baca Juga: 5 Makanan Bisa Bikin Kulit Putih Alami, Tanpa Infus dan Obat-obatan

Meski tidak selalu terjadi, bagi beberapa orang yang memang sensitif, kondisi-kondisi tersebut bisa saja terjadi. Selain itu, aroma makanan yang sudah digerayangi semut juga sudah berbeda, sehingga selera makan bisa jadi berkurang dan merasa mual.

Menurut dr. Devia, bila jumlah semut yang termakan tidak terlalu banyak (1-2 semut), tidak akan jadi masalah. Hal ini karena semut bisa ikut terurai saat masuk ke sistem pencernaan. Berikut beberapa efek yang bisa terjadi ketika Anda tidak sengaja makan semut dalam jumlah banyak:

Baca Juga: Selain Sate, Ini 4 Makanan Khas Madura yang Bisa Memanjakan Lidah Karena Keunikan Cita Rasanya

1. Rongga Mulut Tersengat. Sebelum masuk dalam sistem pencernaan, semut api bisa saja menyengat rongga mulut dan membuat area itu jadi sakit dan terinfeksi. Pasalnya, semut api memiliki sengatan yang tajam dan bisa melukai kulit tubuh, termasuk rongga mulut.

Halaman:

Editor: Fatihin Rere

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X