• Senin, 29 November 2021

6 Rekomendasi Film Spesial di Hari Guru , Ceritanya Keren dan Layak Ditonton

- Kamis, 25 November 2021 | 11:00 WIB
Laskar Pelangi salah satu rekomendasi film terbaik tentang guru untuk peringatan Hari Guru Nasional 2021. (miles films)
Laskar Pelangi salah satu rekomendasi film terbaik tentang guru untuk peringatan Hari Guru Nasional 2021. (miles films)
NEWSmedia – Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November tepat hari ini merupakan hari yang sangat istimewa.
 
Lantaran perjuangan seorang guru tentu memiliki ceritanya masing-masing dan tidak bisa dianggap remeh.
 
Apalagi guru termasuk salah satu profesi yang mulia karena memberikan pendidikan, khususnya untuk generasi muda yang menentukan arah sebuah bangsa.
 
 
Berikut ini ada sejumlah film yang sangat spesial di hari guru yang jatuh pada hari ini, baik film dalam negeri maupun luar negeri yang wajib ditonton :
 
1. Laskar Pelangi (2008)
Film yang diangkat dari novel yang berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini sukses pada masanya. Bahkan menjadi film keempat dengan penonton terbanyak yaitu 4,6 juta penonton.
 
Film ini dilatar belakangi kehidupan masyarakat yang ada di Bangka Belitung, Indonesia, Mereka semua berusaha untuk mempertahankan sekolah agar tidak ditutup.
 
Berbagai cara mereka lakukan agar sekolah dibuka, perjuangan guru dan para murid di film Laskar Pelangi ini seolah ingin memperlihatkan ke penonton untuk selalu semangat. Keterbatasan bukanlah halangan besar untuk menuntut pendidikan. 
 
 
2. Dangerous Minds
Film Dangerous Minds dirilis tahun 1995. Film ini dibintangi artis Michelle Pfeifer sebagai Louanne Johnson atau Mrs John, mantan anggota marinir yang menjadi seorang guru sastra Inggris di Parkmont High School.
 
Perjalanan Mrs John menjadi guru tidak seperti yang ada dalam bayangannya. Mengajar di kelas yang terdiri dari berbagai kelompok etnis, ia terkadang dibuat jengkel oleh tingkah murid-muridnya yang nakal.
 
Namun, kegigihan serta motivasinya untuk tetap mengajar membuat Mrs John perlahan mendapat perhatian para murid.
 
 
3. Hichki (2018)
Film ini menceritakan Naina Mathur (Rani Mukherjee) yang ingin menjadi guru, tapi sekolah-sekolah yang dilamarnya, menolaknya dengan alasan Naina tidak pantas menjadi guru.
 
Hal itu dikarenakan penyakit cegukan yang dideritanya sejak kecil, Hingga pada suatu hari, Naina diterima di sekolah bernama St. Noker’s.
 
Dia ditempatkan di kelas dengan murid-murid susah diatur dan berasal dari ekonomi lemah.
 
Di sinilah, kesabaran dan ketekunan Naina diuji. Dia berjanji kepada diri sendiri akan membuat murid-muridnya berprestasi.
 
4. Sokola Rimba (2013)
Film tentang pendidikan ini mengisahkan perjuangan Butet Manurung (Prisia Nasution) dalam mengajar di pedalaman.
 
Banyak sekali rintangan yang harus dihadapi, dengan fasilitas yang kurang memadai, kurangnya minat peserta didik dan pandangan orang tua yang menganggap pendidikan tidak lebih penting dibanding bekerja.
 
 
5. Freedom Writers (2007)
Film yang dirilis tahun 2007 ini bercerita tentang seorang guru bernama Erin Gruwell yang diperankan oleh Hilary Swank.
 
Film yang membawa isu sosial dan ras ini diangkat dari kisah nyata Erin Gruwel sendiri.
 
Erin adalah seorang guru yang harus mengajar di kelas dengan murid yang sering memicu keonaran.
 
Konflik antar gang yang akhirnya menimbulkan perseteruan para pelajar ini memang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.
 
 
6. The Ron Clark Story (2006)
Mr Clark adalah seorang guru pindahan yang mengajar di salah satu sekolah menengah pertama yang ada di New York.
 
Mendapat kelas dengan banyak murid nakal tak pernah menghentikan usahanya untuk terus mengajar dan mendidik.
 
Semangatnya untuk merubah kelas yang buruk menjadi kelas yang terbaik patut mendapat acungan jempol.
 
Cara mengajar yang unik serta kegigihannya dalam membantu anak-anak meraih prestasi adalah sesuatu yang bisa menginspirasi banyak penonton. 
 
Menjadi guru merupakan tugas yang mulia. Maka tak heran apabila guru mendapatkan julukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.
 
Tanpa guru, kita tidak akan mendapatkan ilmu yang mungkin tidak didapatkan saat di rumah, Selamat Hari Guru Nasional. ***
 

Editor: Fatihin Rere

Artikel Terkait

Terkini

X