Jumat, 25 September 2020 |
News Adv

Wisata Jalangkung, Pengunjung Bisa Menginap dan Keliling di Kawasan Kesultanan Banten

Jumat, 26 Jun 2020 | 17:22 WIB Dibaca: 1934 Pengunjung

Wisata Jalangkung.*

SERANG, [NEWSmedia] - Sebagai daerah penyangga wisata religi di Kawasan Kesultanan Banten, Kelurahan Kasunyatan terus berupaya untuk mengoptimalkan kunjungan ke tempat tersebut.

Salah satu yang saat ini sedang dikembangkan adalah paket wisata Jalangkung atau jalajah lingkungan.

Dengan adanya paket wisata tersebut, para wisatawan bisa dengan mudah berkeliling ke tempat-tempat bersejarah yang ada di sekitar Kawasan Kesultanan Banten tersebut.

Lurah Kasunyatan, Hayumi mengungkapkan, paket wisata tersebut saat ini telah aktif dan dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Maulana Yusuf, Kampung Sukadiri, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

"Jadi nanti kalau ada turis atau masyarakat luar yang mau nginep, bisa di home stay yang dikelola oleh masyarakat," kata Hayumi saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/6/2020).

Selain menyediakan home stay, paket wisata Jalangkung juga mengajak para wisatawan untuk mengetahui bagaimana kehidupan zaman dulu di masa Kesultanan Banten.

"Kita siapkan makanan dan minuman Sultan, jadi intinya kita ingin mengembalikan mengembalikan tradisi terdahulu, agar turis atau pengunjung tahu bagaimana kehidupan zaman dulu," jelasnya.

Lurah Kasunyatan, Hayumi.*

Jika turis atau wisatawan tidak keberatan, pihak Pokdarwis Maulana Yusuf siap mengajak pengunjung untuk menggarap padi di sawah dengan menggunakan kerbau. 

"Ada yang menggarap sawah dengan kerbau, 'weluku' istilahnya, ada bebek-bebekan di kanal, wisatawan diajak ke lapangan, wisatawan juga bisa ganti pakaian seperti kesultanan, kaya kita berwisata di Bali, pengunjung harus ganti kostum, kita pengen arah ke sana," terangnya.

Sebagai upaya merawat kearifan lokal, para wisatawan yang berkunjung juga akan diajak untuk yasinan di setiap malam jumat.

"Malam Jumat yasinan, maca syekh, jadi kita merawat tradisi atau kearifan lokal, eisata religi iya, pemandu juga kita aktifkan supaya pengunjung belajar tentang sejarah Banten," ungkapnya.

Soal harga, pihak kelurahan sepenuhnya menyerahkan ke Pokdarwis Maulana Yusuf sebagai pengelola tempat wisata tersebut.

"Harga dikelola oleh Pokdarwis, kita hanya mendorong ke sana yg penting kakao ada wisatawan yg berkunjung kita siapkan, agar ketika malam bisa menikmati suasana bagaiaman kesultanan Banten," tambahnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para wisatawan agar tetap menjaga kelestarian peninggalan sejarah yang ada di Kawasan Kesultanan Banten.

"Dan diimbau juga kepada masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian dan peninggalan sejarah zaman dahulu. Dan juga beterima kepada pemerintah khususnya Pemkot Serang yang dengan tidak bosan-bosan selalu memberikan arahan dan bimbingan untuk tetap melestarikan, menjaga dan merawat peninggalan sejarah khususnya yang ada di Kelurahan Kasunyatan," pungkasnya. [adv]

Penulis: Ahmad Hifni
Editor: Indra Gunawan
Publisher: Muhammad Adi
Bagikan:

KOMENTAR

Wisata Jalangkung, Pengunjung Bisa Menginap dan Keliling di Kawasan Kesultanan Banten
NCLOTHING PROMO NEWSmedia TV
Top